BREAKINGNEWS.CO.ID – Lewis Hamilton melanjutkan dominasinya pada sesi latihan bebas kedua Formula 1 GP Jepang 2018. Bukan hanya Hamilton, sang tandemnya Vellteri Bottas pun masih konsisten berada di urutan kedua untuk kembali menunjukan bahwa Mercedes masih sangat tangguh dalam dua sesi yang telah berlangsung di sirkuit Suzuka, Jumat (5/10/2018).

Dalam sesi latihan bebas kedua ini, tim Scuderia Ferrari masih menjadi saingan berat Mercedes. Namun kecepatan yang dimilik Ferrari lewat pembalap andalan mereka, Sebastian Vettel masih belum mampu untuk mematahkan duo Mercedes. Walau pada menit awal sesi, Vettel berhasil memuncaki raihan waktu tercepat.

Vettel sempat memimpin di posisi pertama tapi Hamilton hanya membutuhkan satu lap untuk langsung mengambil alih dengan catatan waktu 1 menit 29,005 detik yang kemudian dipertajam menjadi 1 menit 28,911 detik, memakai kompon supersoft.

Hamilton masih menginjak penuh pedal gasnya dan makin kokoh di puncak setelah mencetak waktu 1 menit 28,217 detik, membawanya 0,833 detik lebih cepat dari Vettel. Bottas kemudian menggusur Vettel dari posisi kedua sekaligus memangkas selisih dari Hamilton menjadi 0,461 detik.

Pada pertengahan sesi, pembalap-pembalap mengakhiri simulasi kualifikasi dan mulai mengalihkan fokus mereka pada program long-run. Sebagian besar memakai kompon terlunak pekan ini, supersoft, yang kemungkinan besar akan menjadi andalan di stint pertama bagi pembalap-pembalap unggulan. Hanya Raikkonen dan Brendon Hartley yang memilih menjajal kompon soft.

Program latihan Pierre Gasly terhadang masalah pompa bahan bakar yang memaksanya terjebak di garasi selama satu jam lebih sebelum bisa turun ke trek. Pembalap asal Perancis yang tahun depan bakal memperkuat tim utama Red Bull itu akhirnya menempati urutan ke-13 setelah hanya menempuh 10 lap. Sesi yang lebih mulus dijalani rekan setimnya, Hartley, yang berhasil menembus sepuluh besar. Di ronde kandang Honda, kedua pembalap Toro Rosso memakai mesin terbaru dari pabrikan Jepang tersebut.

Tidak banyak perbaikan waktu hingga bendera finis dikibaskan dan Hamilton tetap menjadi yang tercepat di depan Bottas dan Vettel. Max Verstappen memisah duo Ferrari di urutan keempat, unggul dari Kimi Raikkonen dan Daniel Ricciardo yang terpaut 1,296 detik lebih lambat dari pemuncak latihan bebas kedua. Esteban Ocon lagi-lagi menjadi pembalap tim papan tengah terbaik di urutan ketujuh. Adapun dibelakangnya ada Romain Grosjean dan Marcus Ericsson.