Jakarta - Angsuran mungkin saja begitu berguna untuk pembelian besar seperti tempat tinggal atau pendidikan. Menabung untuk dua hal semacam ini mungkin saja susah untuk beberapa orang karna harga nya yang makin mahal.

Tempat tinggal serta pendidikan adalah investasi hari esok. Sayangnya sarana angsuran kerapkali jadi digunakan untuk beli barang konsumtif.

Tersebut lima hal yang baiknya tidak dibeli lewat cara mencicil seperti CekAja. com :

1. Liburan

Traveling atau berlibur sudah jadi pola hidup. Bila dahulu traveling ke luar negeri dipandang mahal, saat ini telah banyak langkah lebih murah. Namun bukanlah bermakna kita jadi memaksakan diri berlibur untuk menaikkan photo di Instagram, walau sebenarnya keadaan dompet tengah pas-pasan.

Kita tidak semestinya terjerat utang untuk argumen bersenang-senang. Berlibur sesungguhnya adalah keperluan yang tidaklah terlalu menekan.

Bila belum miliki uang, jadi kita mesti menabung bukannya mencicil. Berlibur bakal makin mengasyikkan bila kita tidak terbebani tumpukan utang sesudah pulang kelak.

2. Pernikahan

Di Indonesia, pesta pernikahan dengan mengundang beberapa ratus orang telah jadi budaya. Pastinya cost yang di keluarkan begitu besar bahkan juga menjangkau beberapa ratus juta. Kerapkali pesta yang habis-habisan itu meninggalkan utang, bahkan juga mesti hingga ikhlas menggadai cincin nikah.

Pernikahan memanglah utama. Namun bukanlah bermakna kita mesti ikhlas terlilit utang untuk menjamu orang yg tidak di kenal. Kehidupan yang sebenarnya malah diawali waktu pesta selesai. Tidak ingin kan mulai hidup baru dengan utang?

barang elektronik

3. Beli barang elektronik

Penggila tehnologi tentu menginginkan mempunyai hp pandai paling baru, TV LED monitor besar, atau camera mutakhir terbaru. Sayangnya, beberapa barang ini bernilai mahal hingga beberapa orang yg tidak dapat membelinya dengan tunai. Namun karna hasrat mempunyai besar, angsuran kartu credit juga diambil.

Kenyataannya, beberapa barang elektronik alami depresiasi cukup cepat. Baru bertukar bln. saja, harga nya dapat turun beberapa ratus ribu. Bila beli lewat cara mencicil, berarti membayar leibh mahal untuk satu barang yang harga nya makin turun.

4. Berbelanja baju

Berbelanja pakaian dapat jadi candu untuk beberapa orang. Terlebih waktu mendekati lebaran seperti saat ini.

Bila barang elektronik dapat tetaplah laris di jual walau harga nya turun, pakaian sedikit susah di jual. Terkecuali bila baju yang dibeli betul-betul bermerek.


Beli hadiah


5. Memberi hadiah

Berikan hadiah dengan kemauan untuk mengasyikkan rekan atau keluarga yaitu kemauan yang baik. Namun bila membelinya lewat cara mencicil, ini bukanlah langkah bijak.

Bayarlah hadiah dengan tunai. Bila tidak dapat, bermakna memanglah tidak dapat beli hadiah itu serta pastikan yang lebih murah. Hadiah yang bagus tidak mesti mahal. Kita tetaplah dapat mengasyikkan hati orang beda tanpa ada mesti menyengsarakan sendiri.