BREAKINGNEWS.CO.ID – Persebaya Surabaya sangat termotivasi untuk meraih kemenangan ketika menjamu PSM Makassar pada pekan ke-30 Liga 1 2018 yang bertepatan dengan Hari Pahlawan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (10/11/2018).

Anak asuh Djajang Nurdjaman masih membutuhkan poin untuk memastikan aman dari zona degradasi. Saat ini Persebaya yang menempati peringkat kesepuluh memiliki 38 poin, hanya terpaut enam poin dari penghuni zona merah. Semangat meraih kemenangan di hadapan Bonek pada Hari Pahlawan terkendala kondisi pemain yang tidak sepenuhnya bugar.

"Pertandingannya diselenggarakan bertepatan dengan Hari Pahlawan sehingga sangat memotivasi tim untuk mendapatkan tiga poin," kata Djajang. "Saya bisa saja menurunkan komposisi terbaik, tetapi baru sembuhnya pemain yang cedera harus dipantau lebih lanjut usai menepi lama. Harus pelan-pelan dan saya yakin pemain lainnya sudah sangat siap," sambung pelatih yang pada awal musim 2018 menangani PSMS Medan.

Tim Bajul Ijo memiliki rekor yang cukup baik ketika menjalani pertandingan kandang. Dari 14 kali menjamu lawan, Rendi Irwan dan kawan-kawan mendapatkan delapan kemenangan dan dua kali imbang. Catatan statistik Persebaya tersebut menjadi perhatian pelatih PSM Robert Rene Alberts.

"Sejauh ini Persebaya mengalahkan tim besar di Surabaya karena itu harus fokus pada pertandingan besok," papar pelatih berkebangsaan Belanda itu, Jumat (9/11). "Ini pertandingan menarik dan Persebaya merupakan tim kuat, bahkan juga bermain di kandang mampu mencetak banyak gol, tetapi kami tidak gentar dan semuanya siap," tambah Alberts.

Pada pertemuan pertama musim ini, PSM berhasil meraih kemenangan 1-0 berkat gol semata wayang Rizky Pellu. Dalam pertandingan putaran kedua, Rizky tidak akan bermain dikarenakan menjalani hukuman larangan bermain dari Komisi Disiplin PSSI. Tidak hanya gelandang kelahiran Maluku itu, PSM juga tidak bisa menurunkan Marc Klok, Reva Adi Utama, serta Asnawi Mangkualam, karena akumulasi kartu kuning. PSM saat ini masih memuncaki klasemen Liga 1 2018 dengan raihan 53 poin, unggul empat angkat atas Persib Bandung.