BREAKINGNEWS.CO.ID – Klub kebanggaan ibu kota, Persija Jakarta akan menjamu PS Tira pada pekan ke-30 Liga 1 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Sabtu (10/11/2018). Tim berjuluk Macan Kemayoran mengejar tiga poin untuk tetap berada di persaingan papan atas.

Persija baru saja kalah dari Persebaya yang membuat tren kemenangan dalam empat pertandingan berturut-turut berakhir. Akan tetapi, Macan Kemayoran saat ini memiliki peluang besar untuk bangkit dan kembali ke tren kemenangan, mengingat PS Tira yang menjadi lawan kali ini tengah berjuang keluar dari zona degradasi. Duel kontra PS Tira memang harus dimaksimalkan oleh Persija walaupun mereka memiliki satu pertandingan tersisa lebih banyak apabila dibandingkan oleh tim-tim lainnya. Jarak lima poin dengan PSM Makassar yang berada di puncak klasemen harus dijaga dan diperkecil apabila Macan Kemayoran ingin menjuarai kompetisi musim ini.

"Kami masih punya enam pertandingan hingga akhir musim. Akan tetapi, pertandingan ini penting untuk Persija. Kami fokus menghadapi PS Tira karena mereka pun pasti menginginkan poin mengingat mereka berada di zona merah. Kami harus fokus bekerja keras menghadapi mereka," ujar pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco. Persija menjamu PS Tira tanpa diperkuat oleh beberapa pemain utama. Riko Simanuntak serta Andritany Ardhiyasa tengah membela Timnas Indonesia serta sang kapten, Ismed Sofyan, yang mengalami cedera saat menghadapi Barito Putera belum tentu siap tampil. Akan tetapi, gelandang Persija, Asri Akbar, menegaskan Persija masih siap meraih kemenangan dalam pertandingan pekan ke-30 ini.

"Kami sudah siap untuk pertandingan ini dari segi fisik, taktikal, serta yang terutama dari mentalitas. Para pemain tidak terganggu dengan kekalahan dari Persebaya. Apabila Persija ingin menjadi juara, kami harus memenangi semua pertandingan tersisa. Insya Allah kami mendapatkan tiga poin," ujar Asri Akbar.

PS Tira Janjikan Tampil Bagus

PS Tira datang ke Cikarang dengan luka setelah kalah 1-3 dari Barito Putera di Banjarmasin dalam laga terakhir. Kekalahan itu membuat PS Tira kian terpuruk dan berada di dasar klasemen sementara Liga 1 2018. Seperti halnya Persija, tim asuhan Nilmaizar itu juga masih punya satu pertandingan tersisa lebih banyak dari tim-tim lain karena laga kontra PSMS Medan yang ditunda. Namun, kemenangan tetap harus diperjuangkan agar The Young Warriors mulai mendapatkan poin untuk meninggalkan dasar klasemen.

Nilmaizar pun menegaskan timnya menyadari pentingnya kemenangan yang perlu diraih dalam laga kontra Persija. Meski tim lawan saat ini jauh berada di papan atas klasemen, PS Tira wajib bekerja keras untuk bisa mencuri poin. "Semua pemain kami dalam kondisi sehat dan tak ada yang cedera maupun akumulasi. Kami harus mengeluarkan penampilan terbaik demi keluar dari zona degradasi," ujar Nilmaizar.

"Kami tahu Persija memiliki kualitas yang cukup baik. Namun, kami berdoa agar Allah memberikan yang terbaik untuk PS Tira. Persija sedang dalam kondisi bagus sementara kami berada di zona merah, jadi pekerjaan kami memang tidak mudah dan membutuhkan konsentrasi penuh," lanjutnya. PS Tira tercatat belum pernah sekalipun meraih kemenangan atas Persija. Dalam tujuh pertemuan sejak masih bernama PS TNI, Persija selalu meraih kemenangan. Nilmaizar pun bertekad untuk mengakhiri tren buruk PS Tira saat menghadapi Macan Kemayoran. "Saya harus memotivasi anak-anak untuk bisa berbuat sesuatu. Semoga kami bisa mengakhiri rekor tak pernah menang saat menghadapi Persija. Setidaknya kami sudah mengetahui akan seperti apa Persija bermain," ujar pelatih kelahiran Payakumbuh itu.

Prakiraan Susunan Pemain

Persija (4-3-3): Shahar Ginanjar (kiper); Novri Setiawan, Jaimerson Xavier, Maman Abdurrahman, Michael Orah (belakang); Sandi Sute, Rohit Chand, Renan Silva (tengah); Ramdani Lestaluhu, Osas Saha, Marko Simic (depan)

Pelatih: Stefano Cugurra Teco

PS Tira (4-2-3-1): Angga Saputra (kiper); Muhammad Kassim Slamat, Radanfah Abu Bakr, Didik Wahyu, Abduh Lestaluhu (belakang); Manahati Lestusen, Jeon Woo-young, Ahmad Noviandani, Izmy Yaman Hatuwe, Dmitry Rekish (tengah); Aleksandar Rakic (depan)

Pelatih: Nilmaizar.