BREAKINGNEWS.CO.ID-Baru sehari resmi bergabung, Cesc Fabregas sudah masuk dalam line-ups skuad AS Monaco saat bertandang ke markas Olympique Marseille dalam lanjutan kompetisi Liga Prancis Minggu (13/1/2019) malam ini atau Senin (14/1) dini hari WIB nanti. Olympiaque Marseille baru akan memainkan pertandingannya yang ke-18 di Ligue 1 2018/2019 ini, sementara Monaco memainkan laga pekan ke-19. Situasi yang kurang kondusif di Prancis dua bulan belakangan ini berpengaruh terhadap pergelaran Ligue 1, membuat sejumlah pertandingan di beberapa kota tertunda karena maraknya demo anti pemerintah.

Laga antara Olympique Marseille vs AS Monaco digelar mulai pukul 03.00 dini hari nanti. Fabregas sendiri sudah serius berlatih sejak Sabtu pagi.

Fabregas, mantan gelandang timnas Spanyol, baru Jumat (11/1) lalu resmi bergabung dari Chelsea dengan durasi kontrak 3,5 tahun. Fabregas menyambut baik kepulangannya ke klub yang pernah lama diperkuatnya itu, apalagi Monaco saat ini tengah membutuhkannya. Monaco, yang pernah mengenyam semua gelar di kompetisi Prancis, saat ini terpuruk di urutan 19 dengan akumulasi nilai 13 dari 18 pertandingan, dari 3 kali menang, 4 kali seri dan 11 kali kalah. Perolehan nilainya hanya lebih baik dua angka dari An Evant Guingamp di dasar klasemen, yang Rabu lalu membuat kejutan besar dengan menyisihkan juara bertahan Paris Saint Germain di Piala Liga Prancis.

Monaco, yang terakhir memimpin Ligue 1 pada 2015 dan mencapai semifinal Liga Champions 2016, kini mengalami kesulitan besar saat ditangani pelatih Thierry Henry. Mantan ikon Monaco, Arsenal dan timnas Prancis itu kini amat mengharapkan tenaga Fabregas untuk membantunya mengangkat kembali pamor AS Monaco. Tak mengherankan jika Henry sudah berencana langsung menurunkan Fabregas saat timnya melawat ke Orange Velodrome untuk menghadapi tuan rumah Olympique de Marseille.

Di awal Ligue 1 2018/2019 posisi Monaco dan tetangganya itu, Olympique Marseille, terus berhimpitan di papan atas klasemen. Namun, kini jauh berbeda. Marseille masih bertahan di urutan ke-7 dalam klasemen sementara dengan nilai 27 dari 17 pertandingan, sementara Monaco terus tergelincir dan sekarang di jurang degradasi.

Marseille sendiri bukan lawan ringan untuk Monaco. Dari 28 pertemuan mereka selama ini, Marseille unggul dengan 12 kemenangan, Monaco 11, dengan 5 kali imbang.

Di Monaco, Fabregas akan memakai kostum bernomor punggung 44.  Ia mengunggah foto sedang berada di ruang ganti Monaco, dengan di belakangnya memperlihatkan jersey Monaco bernomor punggung 44 yang akan digunakannya.

Fabregas pun memberi caption untuk foto tersebut. Ia mengonfirmasi dikontrak selama 3,5 tahun oleh Monaco.

"Wow, saya merasa terhormat mengumumkan bahwa saya akan memulai perjalanan mengesankan dengan klub bersejarah yang luar biasa ini. @as_monaco akan menjadi rumah saya untuk 3,5 tahun ke depan dan saya tak sabar untuk memulai tantangan baru ini," cuit Fabregas di akun @cesc4official.

Sebelumnya, Fabregas membela Chelsea sejak 2014 dan bermain 198 kali dan mencetak 22 gol. Gelandang Spanyol yang juga sempat berseragam Arsenal dan Barcelona itu mempersembahkan empat trofi untuk Si Biru, di antaranya dua gelar Premier League.