BREAKINGNEWS.CO.ID - Persija berpeluang besar keluar sebagai juara Liga 1 2018. Syaratnya, mereka harus menang pada laga pamungkas melawan Mitra Kukar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (9/12/2018). Macan Kemayoran, saat ini berada di puncak klasemen dengan 59 poin, memimpin satu angka lebih banyak daripada PSM Makassar di peringkat kedua.

Jika Persija menghadapi Mitra Kukar pada pekan ke-34, Juku Eja menjamu PSM Medan pada waktu yang sama di Stadion ‎Andi Mattalatta‎, ‎Makassar. Baik Persija maupun PSM harus memenangkan pertandingan. Namun, situasi ini lebih menguntungkan Persija dengan satu poin keunggulannya. Menyikapi hal itu, pelatih Persija Jakarta, Stefano Cugurra, yakin timnya bisa menyudahi kompetisi dengan manis.

"Pertandingan itu sangat penting bagi kami. Semua pemain sudah bekerja keras sampai di titik ini. Laga besok menjadi kesempatan emas bagi kami merebut gelar juara apalagi kami akan didukung penuh suporter The Jakmania," kata Teco, begitu sapaan akrabnya saat sesi jumpa pers sebelum pertandingan.

Di sisi lain, pelatih asal Brasil itu mengungkit pernyataan pelatih PSM, Robert Rene Alberts yang mempertanyakan pertandingan Persija melawan Mitra Kukar yang bisa digelar di SUGBK. Pasalnya pada sehari sebelumnya, SUGBK akan dipakai untuk kegiataan keagamaan. Alhasil, Mitra Kukar sebagai tim tamu tidak dapat menjajal SUGBK untuk menggelar latihan resmi pada H-1 pertandingan. Rene menyebut kejadian itu akan mencederai regulasi.“Dia harus menangis setelah pertandingan, dia akan menangis. Pertandingan selesai, dia akan menangis,” ujar Teco

Lebih lanjut, Teco mengimbau pemainnya untuk fokus melawan Mitra Kukar. Oleh sebab itu, ada imbauan untuk tidak memakai media sosial. “Sudah bicara dengan beberapa pemain, lebih bagus konstrasi ke dalam tim saja. Bukan fokus di media sosial,” imbuh arsitek berusia 44 tahun ini.

Cara Persija Juara

Persija menjadi juara dengan empat skenario yaitu, pertama, menang atas Mitra Kukar di laga terakhir. Kedua, seri dengan Mitra Kukar, tetapi PSM Makassar tidak menang dari lawannya PSMS Medan yang dihadapi di Stadion Andi Mattalata di Makassar, Minggu (9/12). Ketiga, kalah dari Mitra Kukar, tetapi PSM Makassar juga kalah dari laga kontra PSMS Medan. Keempat, kalah dari Mitra Kukar, tetapi PSM seri dengan PSMS Medan. Jika kondisi ini terjadi, poin kedua tim sama 59, tetapi Persija unggul selisih gol PSM dan Persija imbang karena dalam dua pertemuan musim 2018 pertandingan berakhir dengan skor imbang 2-2.