JAKARTA - Lima hari menjelang Lebaran Idul Fitri, situasi Tol fungsional dari Kendal-Semarang sampai siang ini masih tetap terpantau ramai lancar. Sejumlah rest area juga dipenuhi mobil pemudik yang sebagian besar berpelat nomor B dari Jakarta. Mekipun mobil yang melintas cukup banyak namun tidak menyebabkan kepadatan.

Salah satu pemudik, Heru Afrianto (40) menyebutkan ia berangkat dari Tangerang sejak pukul 21. 00 WIB serta dari pengalamannya, kepadatan kendaraan yang cukup tinggi hanya di tol Cikampek, sedangkan sisanya lancar. "Yang padat masih Cikampek, sisanya termasuk yang fungsional ini lancar," kata Heru di rest area tol fungsional di Kendal, Minggu (10/6/2018).

Heru sebagai salah satu pemudik yang memang sengaja ingin mencoba tol baru tersebut dengan rombongannya. Menurut dia walaupun masih fungsional, tak ada kendala selain debu. "Meski seperti baru 50 persen siap, tapi sudah bisa digunakan. Ya berdebu, tetapi tidak terlalu, ya," ujarnya.

Persiapan jalur fungsional antara Kendal-Semarang memang sudah baik karena selain mempersiapkan sejumlah rest area, disediakan juga SPBU mobile hingga pemudik dapat mengisi bahan bakar di rest area. "Untuk rambu-rambu arahnya sudah jelas," pungkas Heru.

Lalu lintas sampai masuk ke tol Manyaran atau Krapyak Semarang cukup lancar. Memasuki tol Semarang juga kendaraan tidak mengantre.