JAKARTA - PT PLN (Persero) memastikan kondisi listrik aman di daerah yang terdampak erupsi Gunung Agung, Kabupaten Karangasem, Bali, hingga  Selasa (28/11/2017). Menurut Humas PLN Distribusi Bali, Putra DM, perseroan telah siap mengantisipasi bila terjadi letusan Gunung Agung yang lebih besar. Hal itu sesuai Standard Operational Procedure (SOP) yang dianut perseroan.

"Sementara ini belum ada gangguan. Operasional masih lancar, belum ada pemadaman dari Karangasem," tutur Humas PLN Distribusi Bali, Putra DM. "Kami sudah mempersiapkan genset di titik-titik yang memang akan terisolasi seandainya (letusan) itu terjadi," tuturnya.

Setidaknya ada tiga belas titik di Bali yang akan terisolasi jika ada letusan besar dari gunung berapi itu. Menurutnya, saat terjadi erupsi memang jaringan listrik di area sekitar Gunung Agung akan padam. Namun, itu terjadi hanya sebentar. "Kalau kami hidupkan sekali lagi serta menyala dengan baik, berarti kondisinya aman," tuturnya.

Jika terjadi hubungan pendek arus listrik atau korsleting di area yang terdampak, pihaknya akan langsung bertindak agar dampaknya tidak menyebar ke area lain.