BREAKINGNEWS.CO.ID-Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan meresmikan Gelanggang Remaja Kecamatan dan Rehabilitasi Prasarana Olahraga di Jalan Balai Rakyat, Jakarta Timur, Jumat (15/2/2019).

Adanya fasilitas olahraga untuk penyandang disabilitas nantinya diharapkan Jakarta dapat meningkatkan komitmen bersama untuk membangun prestasi olahraga, pengembangan seni budaya dan karya pemuda Jakarta khususnya disabilitas.

Ia berharap, sarana dan prasana itu dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh seluruh warga Jakarta dengan biaya yang terjangkau, serta menjadi wadah interaksi antar warga Jakarta yang dapat menumbuhkan kebiasaan-kebiasaan baik.

“Tempat ini harus terjangkau untuk semuanya. Nanti pembiayaannya dan lainnya menjadi tanggung jawab pemerintah. Masyarakat, (yaitu) anak-anak sekolah, bisa menggunakannya secara cuma-cuma. Ini bagian dari proses pembelajarannya. Kebiasaan tertib, rapi, menghormati, dan menaati aturan, itu semua harus ditumbuhkan di tempat ini,” terangnya.

Tidak hanya itu untuk ke depannya sarana dan prasarana akan terus dikembangkan serta dikelola dengan profesional mengingat perlu dirawat juga pemeliharaan bersama dengan melibatkan masyarakat maupun para pemangku kepentingan di Jakarta. Dengan begitu diharapkan gelanggang menjadi tempat ideal untuk menampung, menyalurkan aktifitas, dan hobi kegiatan olahraga, serta seni budaya, sekaligus sebagai wadah untuk melahirkan atlet-atlet besar dan olahragawan berprestasi yang mampu mengharumkan Indonesia.

“Pengelolaannya harus penuh dengan inovasi, sehingga GOR (dan Gelanggang Remaja) ini tidak menjadi tempat yang membosankan. Harus ada terobosan, karena itu para pengelolanya harus mengelola ini dengan penuh inovasi. Libatkan masyarakat, ajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dengan ide gagasan,” harap Anies.

Sementara itu Kadispora DKI Jakarta Ratiyono juga berharap, keberadaan fasilitas berstandar internasional akan menjadi penunjang keberhasilan pelaksanaan Festival Olahraga Rakyat Sepanjang Tahun. Namun, yang paling utama adalah seluruh komponen masyarakat baik dari atlet, pemuda, lansia, anak-anak maupun disabilitas dapat memanfaatkan sebaik-baiknya untuk meningkatkan prestasi, potensi, kapasitas, partisipasi dan produktivitas.