JAKARTA – Manajer Manchester City, Pep Guardiola merasa sangat bangga dengan hail yang ditorehkan tim besutannya musim ini. Usai memastikan gelar Premier League musim 2017/18, Manchester City juga berhasil meraih 100 poin.

Rekor tersebut tercipta usai Manchester City melewati laga yang sangat menegangkan kontra tuan rumah Southampton pada Minggu (13/5/2018) malam WIB di St Mary's Stadium. The Citizens harus menunggu hingga detik-detik akhir guna memastikan kemenangan lewat gol semata wayang Gabriel Jesus.

Berbagai rekor sukses diraih Manchester City dalam kampanyenya di musim ini, termasuk capaian tiga digit poin yang melewati raihan poin tertinggi Pep Guardiola bersama Barcelona pada musim 2009/10 dengan koleksi 99 poin.

Sebelumnya, Manchester City juga berhasil memecahkan sejumlah rekor di antaranya kemenangan terbanyak di Liga Primer (32), kemenangan tandang terbanyak (16), selisih gol terbesar (+79), produktivitas tertinggi (106) serta rekor laga tanpa kekalahan (18).

"Ini 100 poin... dan saya tak bisa memercayainya. Di Liga Primer, 100 poin adalah pencapaian yang sangat besar,” ungkap Pep Guardiola usai laga tersebut.

"Kami harus bermain untuk sesuatu. Laga kali ini begitu rumit, sulit dan panas. Lawan kuat secara fisik dan juga tiga bek mereka."

"Ritme kami tidak terlalu tinggi sepanjang pertandingan tapi kami fokus dan pada akhirnya ada umpan jitu dari Kevin [De Bruyne] dan penyelesaian sempurna dari Gabriel [Jesus] yang menghadirkan perbedaan."

"100 poin itu banyak sekali, 50 poin di kandang sendiri, 50 poin tandang. Itu menunjukkan begitu stabil dan bagusnya tim kami sepanjang musim ini," pungkas sang manajer asal Spanyol tersebut.