BREAKINGNEWS.CO.ID – Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, mencetak sebuah rekor baru bersama timnya The Citizens, setelah berhasil menang telak dengan skor 9-0 atas Burton Albion di pertandingan leg pertama semifinal Piala Liga Inggris atau Caraboa Cup di Stadion Etihad, Kamis (10/1/2019) dini hari WIB.

The Sky Blues sukses menang besar atas Burton berkat gol yang diciptakan oleh Kevin de Bruyne pada menit ke-5, empat gol Gabriel Jesus pada menit ke-30, 34, 57, dan 65, Oleksandr Zinchenko pada menit ke-37, Phil Foden pada menit ke-62, Kyle Walker pada menit ke-70, serta Riyad Mahrez pada menit ke-83. Kemenangan tersebut menempatkan satu kaki The Citizens di babak final. Leg kedua semifinal akan berlangsung di kandang Burton, Rabu (23/1) waktu setempat.

Fakta menarik kemenangan telak Manchester City atas Burton Albion di Piala Liga Inggris atau Caraboa Cup:

1. Kemenangan 9-0 itu merupakan margin kemenangan terbesar Pep Guardiola sebagai manajer Manchester City. Guardiola juga pernah mencatatkan margin serupa saat membawa Barcelona menang 9-0 atas L'Hospitalet di Copa del Rey pada Desember 2011 lalu.

2. Kekalahan 0-9 yang dialami Burton merupakan yang terbesar yang dialami tim manapun sejak Liverpool mengalahkan Fulham dengan skor 10-0 pada September 1986 silam. Tidak hanya itu skor 0-9 tersebut juga jadi margin terbesar di babak semifinal di turnamen Piala Liga Inggris.

3. Gabriel Jesus saat ini sudah dua kali mencetak hattrick di Etihad. Hanya Carlos Tevez (4) dan Sergio Aguero (10) yang bisa mencetak hattrick lebih banyak untuk Manchester City sejak mereka pindah dari Maine Road.

4. Manchester City sudah memenangi 13 dari 15 pertandingan terakhir di Piala Liga Inggris melawan tim dari divisi yang lebih rendah dengan total mencetak 50 gol. Sedangkan dua laga lainnya berakhir dengan imbang.

5. Manchester City merupakan tim pertama dari empat divisi teratas di Liga Inggris yang secara berturut-turut setidaknya berhasil mencetak tujuh gol di seluruh kompetisi sejak Leeds United pada Oktober 1967 silam. Ketika itu Leeds berhasil mengalahkan Spora Luxembourg dengan skor 9-0 di Fairs Cup dan berhasil mengalahkan Chelsea dengan skor 7-0 di liga.