JAKARTA – Cabang olahraga Tinju gagal persembahkan medali emas bagi Indonesia pada test even Asian Games 2018. Kepastian itu didapat usai petinju Grece Savon Simangunsong dikalahkan wakil Thailand, Saylom Aedee dengan skor telak 0-5 di JIE EXPO Hall C Kemayoran, Jakarta, Kamis (15/2/2018).

Penampilan Grece pada pertandingannya di final kelas welter kali ini sangat di luar harapan. Pasalnya dia selalu mengalami kesulitan untuk membendung serangan lawan sejak ronde pertama dimulai. Memasuki ronde kedua, Grece terlihat semakin kewalahan untuk mengantisipasi pukulan dan serangan yang terus digencarkan oleh Saylom, bahkan Grece tak diberi kesempatan sekalipun untuk berbalik menyerang.

Pada ronde ketiga, Saylom semakin tampil mendominasi pertandingan. Situasi tersebut membuat Grece hanya bisa bertahan meski sesekali harus memberikan poin pada Saylom. Juri akhirnya memutuskan kemenangan tersebut diberikan kepada Saylom dengan skor 5-0. Pertimbangannya adalah karena petinju Thailand itu mendapatkan poin sempurna di setiap ronde.

Dengan hasil ini, cabang olahraga tinju hanya menghuni posisi enam klasemen perolehan medali di test event Asian Games 2018. Indonesia tercatat meraih dua perak dan empat perunggu.