BREAKINGNEWS.CO.ID-Grand Slam Australia Terbuka 2019 sudah di depan mata. Turnamen kategori Grand Slam pertama di tahun 2019 ini segera digelar pada 13 hingga 27 Januari di lapangan keras Melbourne Tennis Park. Penentuan unggulan untuk turnamen 2019 sudah dilangsungkan Kamis (10/1/2019) dengan Novak Djokovic dan Simona Halep masing-masing ditempatkan sebagai unggulan pertama nomor bergengsi tunggal putra dan putri.

Grand Slam Australian Terbuka selalu memegang rekor dalam jumlah pemain dan penonton. Turnamen ini merupakan yang pertama dalam kategori Grand Slam yang memiliki fitur bermain indoor saat cuaca hujan atau panas yang ekstrim di tiga lapangan utama, yakni Rod Laver Arena, Hisense Arena dan Margaret Court Arena yang dilengkapi dengan atap buka-tutup.

Dari persaingan tunggal putra, Andy Murray siap untuk comeback, sementara Roger Federer dan Novak Djokovic sama-sama berjuang untuk menggondol gelar ketujuhnya. Di tunggal putri, Serena Williams berjuang untuk menambah perolehan gelar juaranya, dari rekor yang dipegangnya saat ini, yakni 24 gelar Grand Slam.

Serena berjuang untuk melampaui catatan rekor Margaret Court, dan ia nyaris mendekati rekornya tahun lalu di Wimbledon dan AS Terbuka, kalah di final oleh Angelique Kerber dan Naomi Osaka.

Roger Federer, sementara itu, mengejar kemenangan Australia Terbuka ketiganya secara beruntun. Dia hampir tidak terkalahkan di lapangan keras di Melbourne, tetapi Djokovic tampaknya telah memperoleh kembali permainan terbaiknya.

Caroline Wozniacki juga ingin mempertahankan gelarnya setelah memenangkan karir utama pertamanya di turnamen ini. Namun, Naomi Osaka yang sedang naik daun akan menjadi salah satu penantangnya yang serius, untuk sekaligus menunjukkan bahwa dia ada di sini untuk tetap bermain di Grand Slam setelah memenangi mayor pertamanya di AS Terbuka tahun lalu.

Di tunggal putra, unggulan pertama Novak Djokovic di babak pertama masih menunggu calon lawan dari babak kualifikasi. Hasil drawing membuat Djokovic diprediksi bakal bertemu Rafael Nadal di partai final.

Berlanjut ke sosok Nadal, pada babak pertama ia akan bertemu dengan petenis tuan rumah, James Duckworth. Hasil drawing membuat Nadal diprediksi bakal bertemu Roger Federer di semifinal dan Djokovic di final.

Di persaingan tunggal putri, Serena Williams bakal bertemu dengan petenis Jerman, Tatjana Maria. Lalu, unggulan pertama, Simona Halep, akan melawan petenis asal Estonia di babak pertama.

Bila ditelisik lebih lagi, hasil drawing Serena dan Halep pun cukup mengejutkan. Keduanya diprediksi bakal saling beradu di babak 16 besar.