Brno – Pembalap Honda Repsol, Marc Marquez, berhasil merebut pole position MotoGP Republik Ceska setelah menjadi yang tercepat di sesi kualifikasi, Sabtu (5/8/2017). Marquez unggul dari pembalap Yamaha Movistar, Valentino Rossi dan rekan satu timnya Dani Pedrosa.

Di sesi kualifikasi yang berlangsung di Sirkuit Brno itu, Marquez menorehkan waktu lap tercepat dengan catatan waktu 1 menit 54,981 detik. Waktu ini lebih cepat 0,092 detik dari Rossi. Sedangkan rekan setimnya Pedrosa terpaut 0,138 detik dari Marquez.

Di posisi keempat ada pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, yang terpaut 0,460 detik dari Marquez. Sementara rekan setimnya, Jorge Lorenzo, akan start dari posisi keenam.

Sementara itu, Jonas Folger yang sempat mengambil alih pole position dan menjadi yang tercepat namun sayang Folger tidak dapat mempertahankannya.

Pada kualifikasi kedua, pembalap satelit Honda, Cal Crutchlow berhasil menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 55,778 detik. Waktu yang ia torehkan ini unggul 0,202 detik atas Rossi.

Pembalap Honda Repsol, Dani Pedrosa kemudian menggeser posisi Cruthclow saat kualifikasi kedua dan waktu tersisa 10 menit. Pedrosa mencatatkan waktu 1 menit 55,313 detik. Di posisi kedua, ada Marquez yang terpaut 0,026 detik dari rekan timnya itu.

Namun, posisi ini tak bertahan hingga akhir kualifikasi. Marquez berhasil mengalahkan catatan waktu terbaik milik Pedrosa dan berhasil menorehkan waktu 1 menit 54,981 detik.

Di akhir waktu kualifikasi pembalap Yamaha Movistar, Rossi berhasil memperbaiki peringkatnya ia berhasil menggeser Pedrosa di posisi kedua. Namun catatan waktu miliknya ini masih belum bisa mengalahkan waktu yg dimiliki oleh Marquez.

BREAKINGNEWS.CO.ID