JAKARTA - Salah satu keluhan utama pengguna Android Auto adalah bahwa mereka tidak dapat membuka kunci smartphone mereka setelah mereka terhubung ke Perangkat Audio pada kendaraan mobil melalui sistem operasi Google. Satu-satunya cara untuk terus menggunakan smartphone saat terhubung melalui Android Auto adalah dengan suara saat aplikasi mengunci dari layar, sehingga mencegah pengemudi menyentuhnya saat mengemudi.

Seperti yang dilansir dari Techntium, Sabtu (17/3/2018), namun, sepertinya Google telah melakukan perubahan dan telah memutuskan untuk menghapus batasan pada layar lockscreen sehingga smartphone yang terhubung dapat digunakan baik oleh pengemudi maupun penumpang saat bepergian.

Android Auto nampaknya telah menyertakan fitur baru "Swipe Up to Unlock," sebuah fitur yang membuka smartphone saat terhubung ke kendaraan yang bergerak. Informasi tersebut telah dikonfirmasi oleh Google bahwa fitur baru tersebut telah diaktifkan dan akan tetap menjadi perubahan permanen untuk sementara waktu.

Akhirnya Google mengalah pada tekanan pengguna Android Auto dan memutuskan untuk mengubah cara kerjanya agar penumpang dapat memanfaatkan telepon yang terhubung tanpa mengganggu pengemudi. Ini memudahkan menemukan musik lebih mudah (alih-alih menggunakan perintah suara) atau bahkan memberi informasi penting bagi pengendara yang mungkin mereka butuhkan saat dalam perjalanan.