BREAKINGNEWS.CO.ID – Andorid memang merupakan salah satu sistem operasi yang paling populer di dunia saat ini. Oleh karena itulah, Google selalu berupaya untuk mengikuti tren perangkat yang selalu dikembangkan oleh para vendor.

Salah satu yang siap berkembang di masa depan ialah adalah smartphone layar lipat. Untuk mengakomodasi perangkat tersebut, Google pun dikabarkan sudah mempersiapkan sistem operasi Android yang sesuai dengan kebutuhannya.

Seperti dikutip dari GSM Arena pada Jumat (9/11/2018), Google sudah mengumumkan akan memberikan dukungan kepada Android untuk perangkat dengan layar lipat. Melalui blog developer Android, perusahaan menyebut telah berhasil membuat Android yang mengikuti kebutuhan perangkat layar lipat.

Perlu diketahui, perangkat layar lipat dapat bisa diubah menjadi dua bentuk berbeda, yakni smartphone dan juga tablet. Melalui sistem operasi yang disesuaikan, pengalaman tersebut dapat berjalan dengan lebih baik.

Sebagai contoh, saat memutar video di layar lebih kecil dan beralih menjadi layar yang lebih besar, tampilan akan berubah tanpa kendal berarti. "Kami mengoptimalkan Android untuk bentuk terbaru ini," tulis Google dalam blog resminya.

Sementara itu, Google juga siap membantu para pengembang untuk mengambil keuntungan dari kehadiran perangkat model terbaru ini. Perusahaan berjanji akan membahas lebih lanjut soal sistem operasi ini pada ajang Dev Summit mendatang.

Dalam blog resminya, Google juga menyatakan jika di masa depan kemungkinan perangkat layar lipat akan lebih banyak tersedia dari beragam vendor. Untuk informasi, saat ini Samsung merupakan salah satu perusahaan yang baru mengumumkan perangkat tersebut.

Samsung sendiri baru saja memamerkan smartphone layar lipat yang dikembangkannya di Amerika Serikat beberapa waktu lalu. Belum ada nama untuk smartphone layar lipat milik Samsung itu. Namun, perusahaan menyebutnya sebagai smartphone dengan teknologi Infinity Flex Display.

Seperti dilansir dari PC Mag pada Kamis (8/11/2018) kemarin, smartphone layar lipat ini berbentuk tablet yang bisa dilipat. Ketika dilipat, bentuk smartphone-nya muncul dengan layar kedua. Dengan demikian, sebenarnya ada dua layar untuk smartphone layar lipat Samsung ini. Sama halnya seperti buku, ketika ditutup atau dilipat ke dalam, perangkat berubah jadi sebuah smartphone berukuran compact, 4,5 inci.

Namun ketika layar lipatnya dibuka, perangkat berbentuk tablet seluas 7,3 inci. Dengan layar luas ini, smartphone layar lipat Samsung bisa mendukung tiga aplikasi yang bisa aktif sekaligus. Spesifikasi untuk kedua layar Samsung dibagi dua, yakni layar 7,3 inci dengan resolusi 1.536 x 2.152 piksel, kepadatan layar 420dpi/ppi, dan rasio aspek 4,2:3. Sementara itu spesifikasi untuk layar 4,5 incinya, memiliki resolusi 1.960 x 840 piksel, kepadatan layar 420dpi/ppi, dan rasio aspek 21:9.

Taknya hanya itu, Samsung tidak menjelaskan rinci spesifikasi lengkap smartphone layar lipatnya. Namun, rumor terbaru yang berkembang menyebutkan jika smartphone ini akan dipersenjatai dengan Snapdragon 8150.

Kapasitas RAM pada perangkat ini juga belum diketahui, tapi besar kemungkinan Samsung akan menyematkan memori internal sebesar 512GB. Perangkat ini juga akan mendukung dual SIM. Untuk mendukung performanya, smartphone ini akan menggunakan baterai dengan kapasitas berkisar antara 3.000 hingga 6.000mAh.