BREAKINGNEWS.CO.ID – Perusahaan ternama Google belum lama ini dikabarkan bakal segera meluncurkan fitur terbaru yakni fitur anti-spam untuk aplikasi Messages di Android.

Namun sayangnya, saat ini tidak semua orang menerima fitur baru tersebut, sebagaimana diklaim Android Police. Dan bila Anda adalah salah satu orang beruntung yang mendapatkan fitur itu, Anda akan mendapatkan notifikasi ketika membuka aplikasi Messages.

Fitur anti-spam ini bakal muncul di bawah bagian Advanced pada Settings untuk orang yang telah menerima fitur itu. Jika Anda mau, Anda juga bisa mematikan fitur itu.

Namun sebagian orang yang sangat peduli dengan privasi datanya mungkin akan menonaktifkan fitur anti-spam ini mengingat pesan pengguna akan dikirimkan ke Google, melalui Digital Trends. Data yang dikirim ke Google bukanlah isi pesan atau nomor ponsel pengguna.

Pada sebuah situs, Google menjelaskan bagaimana cara kerja dari fitur anti-spam ini. Para pengguna android akan bisa memblokir dan melaporkan para spammer. Selain itu, para pengguna android juga akan bisa menandai pesan yang diduga sebagai spam.

Akan tetapi, agar Messages bisa mengenali SMS spam, Google harus menyimpan nomor ponsel dari orang-orang yang mengirimkan dan menerima pesan pengguna, walau data yang disimpan bersifat sementara.

Terkait dengan laporan spam, data yang dikirim berupa 10 pesan yang dikirimkan oleh sang spammer, tapi tidak termasuk pesan balasan pengguna. Fitur anti-spam akan secara otomatis aktif ketika pengguna mendapatkannya.

Namun sepertinya, untuk orang-orang yang tidak ingin membiarkan Google mengakses pesannya, mereka bisa saja menonaktifkan fitur itu melalui menu Settings.