BREAKINGNEWS.CO.ID – Salah satu prusahaan terbesar di dunia yakni Google, kini telah menyediakan fitur pesan atau messages pada layanan Google Maps. Namun fitur ini hanya bisa digunakan bila pengguna ingin mengirim pesan kepada pemilik bisnis yang terdaftar di Google Maps. Dan untuk menggunakannya, pengguna hanya perlu mengklik tombol menu dan klik pesan.

Dari situ lah, pengguna bisa mengirimkan pesan kepada pemilik bisnis yang tersedia tanpa meninggalkan aplikasi Google Maps. Namun, tak semua bisnis telah bergabung dalam fitur ini. Sebagai informasi, fitur terbaru ini sudah tersedia di Indonesia. Namun, ketika dicoba belum ada pemilik bisnis yang bisa dikontak dalam layanan pesan instan tersebut.

Untuk pemilik bisnis yang ingin mengaktifkan fitur ini, mereka harus menginstal aplikasi Google My Business, dan mendaftarkan bisnisnya disana. Usai proses verifikasi, bisnis bisa mulai menerima dan mengirimkan pesan.

Tujuan dibuatnya fitur ini bagi Google adalah untuk mempermudah bisnis berinteraksi dengan pelanggannya secara real time dan kapan saja. Jika fitur ini telah diaktifkan, maka akan ada pilihan untuk mengirimkan pesan ke toko atau bisnis yang terdaftar di Google Maps, seperti tampak pada laman blog Google.

Selain itu, fitur ini bakal membantu ketika pengguna hendak menanyakan hal tertentu tanpa harus menelepon tempat tersebut. Ini bukanlah layanan pesan instan pertama Google.

Dalam beberapa tahun belakangan, Google telah meluncurkan sederet layanan pesan instan yang tak berhasil populer di pasaran, seperti Allo atau Hangout. Untungnya fitur pesan ini tak muncul sebagai aplikasi terpisah sehingga pengguna mesti menginstal aplikasi baru.

Kini, layanan pesan instan ini sudah resmi tersedia bagi pengguna Maps di Android dan iOS. Jika belum mendapatkannya, mungkin aplikasi Anda perlu diperbarui atau menunggu hingga Google merilis untuk tipe ponsel Anda. Sebab saat ini belum semua negara telah menerima pembaruan ini, seperti dilaporkan Digital Trends.

Perlu diketahui bila fitur pesan instan ini adalah satu dari banyak pembaruan yang dilakukan Google di Maps. Sebelumnya, Google telah meluncurkan fitur agar pengguna bisa mengikuti bisnis lokal tertentu, berbagi estimasi perjalanan, mengeksplorasi bisnis disekitar area pengguna, dan masih banyak lagi.