JAKARTA - Saat ini sudah ada beragam platform pembayaran berbasis mobile. Google Pay, Apple Pay, Samsung Pay, sampai PayPal. Alih-alih saling berkompetisi, ternyata PayPal dan Google memutuskan untuk berkolaborasi. Dalam penjelasan resminya, PayPal, yang sebelumnya sudah bermitra dengan Google, minggu ini memperluas cakupan kerja samanya. Jadi, Anda tak lama lagi bisa menjadikan PayPal sebagai pilihan pembayaran saat membeli aplikasi atau game di Google Play Store.

Seperti dilansir dari Tech Crunch, Jumat (25/5/2018), Google dan PayPal mulai melakukan integrasi layanan yang lebih mendalam sehingga nantinya pengguna PayPal bisa melakukan pembayaran di beberapa aplikasi lain milik Google.

Pengguna yang sudah menambahkan akun PayPal ke akun Google Play, nantinya bisa melakukan pembayaran di Gmail, YouTube, Google Store, maupun layanan lain yang menerima pembayaran menggunakan Google Pay tanpa harus meninggalkan halaman layanan tersebut. Selain untuk pembayaran, integrasi ini juga memungkinkan pengguna PayPal melakukan peer to peer transfer.

Bagi Google dan PayPal, ini bukan pertama kalinya mereka bekerja sama. PayPal telah menjadi salah satu opsi pembayaran di Google Play sejak 2014. PayPal juga menjadi mitra dalam transaksi online yang ditangani oleh Google dan Google Pay sejak 2017. Selain PayPal, Google memiliki beberapa partner pembayaran seperti Braintree, Stripe, Cybersource, Vantiv, Visa, dan Mastercard.