BREAKINGNEWS.CO.ID - Seperti kebanyakan anak kecil usia sekolah dasar lainnya, Sarah Gomez-Lane suka menggambar. Namun, gambaran gadis asal Falls Church, Virginia, itu amatlah istimewa. Sebab, karyanya itu sudah mampu menjamin pendidikan masa depannya.

Sarah telah terpilih sebagai pemenang utama kontes tahunan Doodle 4 Google. Para peserta anak-anak seantero Amerika Serikat, termasuk Sarah, diminta untuk membuat tulisan Google yang tak biasa berdasarkan imajinasi masing-masing. Tema tahun ini sendiri adalah “What inspires me?”.

Sarah pun memilih apa yang menjadi inspirasinya: dinosaurus. “Dinosaurus menginspirasi saya untuk belajar lebih giat supaya bisa menjadi seorang paleontologis. Sekop adalah untuk pekerjaan masa depan saya,” kata gadis berambut pirang itu.

Google sendiri memilih pemenang kontes tahunan ini berdasarkan kriteria seperti kreativitas, kemampuan artistik, dan kesesuaian dengan tema tahun ini. Tim Google Doodle lantas terpesona dengan Dino Doodle karya Sarah itu. Salah satu penyebabnya adalah ambisi dan antusiasnya yang tinggi untuk karirnya di usia yang begitu muda.

Sarah pun akan bekerja sama dengan tim Google Doodle untuk mentransformasikan gambarnya menjadi doodle di laman utama Google.com di seluruh dunia.

Sebagai pemenang, Sarah berhak untuk menerima hadiah berupa beasiswa perguruan tinggi senilai US$30.000 (sekitar Rp422,5 juta), perangkat teknologi untuk keperluan sekolahnya senilai US$50.000 (setara Rp705 jutaan), bingkisan dari Google, serta wisata ke markas raksasa internet itu di Mountain View, California. Kalau ditotal, hadiah itu sudah lebih dari Rp1 miliar.

Sebelumnya pada perayaan lebaran yang sudah menjadi kebiasaan dilakukan masyarakat Indonesia untuk mudik tahunan , Google sepertinya cukup menghargai tradisi tahunan ini. Mereka pun merayakannya dengan membuat doodle spesial dan memajangnya di laman utama Google Search. Tampak, kendaraan bermotor bergerak menjauhi wilayah kota atau ibukota yang diidentikkan dengan gedung-gedung tinggi serta Monumen Nasional (Monas) menuju ke kawasan yang terlihat seperti pedesaan.

Google sepertinya cukup menghargai tradisi tahunan dengan membuat doodle spesial dan memajangnya di laman utama Google Search

Doodle ini dibuat oleh Cynthia Yuan Cheng. Ia adalah seorang ilustrator dan kartunis asal California. Sebelum membuat doodle edisi Mudik 2018, Cheng juga pernah membuat doodle di perayaan spesial lainnya, semacam Malam Tahun Baru 2018 dan Hari Anak 2018.