BREAKINGNEWS.CO.ID - Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya sakit gigi. Entah karena gigi berlubang, infeksi, hingga radang gusi sangat menyakitkan. Tak sedikit orang yang terpaksa absen bekerja akibat tak kuat menahan sakit dan sulit berkonsentrasi.

Banyak berbagai macam obat yang tersedia di warung untuk meredakan nyeri pada gigi. Namun pada kenyataannya masih banyak orang yang tinggal di daerah pedesaan menggunakan herba alami seperti getah jarak untuk meredakan nyeri pada gigi.

Dilansir klikdokter.com hal ini berkaitan dengan perilaku masyarakat yang berusaha mengobati gigi sendiri. Alasannya bisa dikarenakan faktor takut untuk berkunjung ke dokter gigi, masalah biaya, jarak yang harus ditempuh atau terkadang disebabkan karena tidak adanya dokter gigi disuatu daerah terpencil.

Karena kondisi gigi yang berlubang sangat mudah dimasuki oleh bakteri dari sisa makanan sehingga menyebabkan rasa yang sakit. Dengan mudah kalian cukup teteskan getah jarak pada gigi yang sedang sakit. Setelah mengetahui sedikit mengenai getah dari tanaman jarak, maka kurang afdol apabila kita tidak membicarakan manfaatnya.

Pohon jarak merupakan salah satu jenis pohon yang masuk ke dalam kategori apotek hidup. Itu artinya adalah pohon jarak bisa digunakan sebagai salah satu alternatif dalam melakukan pengobatan secara herbal atau tradisional.

Getah dari tanaman jarak sendiri memiliki nama ilmiah, yaitu Jatropa Curcas. Nama ini sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu jatros dan trophe. Jatros sendiri memiliki arti dokter, sedangkan thrope diartikan sebagai makanan dan nutrisi. Secara eksplisit, getah tanaman jarak ini memang memiliki arti tanaman obat.

Getah tanaman jarak memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, dan juga dalam mengobati beberapa jenis penyakit seperti penyakit kulit dan gatal – gatal pada tubuh.

Manfaat getah jarak yang paling utama adalah untuk mengobati gangguan dan penyakit pada kulit, seperti Kurap, Panu, Gatal – gatal, Infeksi kulit, Koreng Jamur pada kulit.

Penyakit kulit ringan tersebut bisa diatasi dengan memanfaatkan getah tanaman jarak. Itu dia manfaat getah jarak yang jarang diketahui kebanyakan orang. Selamat mencoba!