BREAKINGNEWS.CO.ID- Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo mendorong Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk memberikan pertolongan bagi warga yang menderita luka-luka serta berkoordinasi dengan puskesmas maupun rumah sakit terdekat akibat gempa bumi tektonik dangkal yang mengguncang Kabupaten Solok Selatan, Sumatra Barat, Kamis (28/02/2019) lalu. Diketahui, gempa tersebut mengakibatkan lebih 500 rumah rusak ringan hingga berat dan 55 orang terluka. 
 
Bambang pun mendorong Kementerian Sosial (Kemensos), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk segera membuat dapur umum dan mengkoordinasikan bantuan maupun pertolongan ke tempat evakuasi korban gempa. 
 
Selanjutnya Bambang mendorong Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk terus memberikan informasi terkini kepada masyarakat mengenai kondisi ter-update daerah terkait. 
 
"Baik melalui media cetak, siber, dan siaran, maupun SMS broadcast, sesuai dengan informasi yang disampaikan oleh PVMBG dan BMKG," ujar Bambang di Jakarta seperti dikutip, Sabtu (2/3/2019). 
 
Selain itu Bambang mendorong BNPB, BPBD, bersama Pemerintah Daerah (Pemda) untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai kesiapan dalam menghadapi potensi bencana (simulasi evakuasi bencana) yang mungkin terjadi, sehingga masyarakat dapat memahami teknis penanggulangan bencana. 
 
Bambang pun mengimbau Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) bersama Pemda untuk mendata kerusakan terhadap sarana dan prasarana umum serta segera melakukan perbaikan terhadap sarana yang rusak.