BREAKINGNEWS.CO.ID - Gempa bumi dengan skala rendah kembali mengguncang sejumlah daerah di Indonesia yakni di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Pada Jum'at (22/6/2018) gempa dengan kekuata 4,3 skala richter (SR) mengguncang wilayah pesisir barat Sumatera tersebut dengan kedalaman 10 kilometer. Getaran yang diakibatkan oleh gempa tersebut dirasakan hingga Kota Padang.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Rahmat Triyono mengatakan jika gempa tersebut berpusat di 2,21 lintang selatan dan 100,60 bujur timur. "Pusat gempa di 2,21 lintang selatan dan 100,60 bujur timur, tepatnya 63 kilometer barat daya Pesisir Selatan," katanya. Menurutnya, gempa tersebut tidak berpotensi adanya gelombang tsunami. Namun, dirinya tetap mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak panik dan selalu waspada saat gempa bumi terjadi.

Gempa yang terasa hingga Kota Padang, ibukota Sumatera Barat tersebut sempat membuat sejumlah warga kaget. Salah seorang warga, Melani mengatakan jika gempa tersebut dirasakan cukup kuat dan membuat dirinya beserta rekan kerjanya satu kantor terkejut dan berhamburan keluar ruangan. "Kami sedang bekerja, tiba-tiba terasa getaran namun tidak berlangsung lama," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pakar Gempa dari Universitas Andalas (Unand) Dr Badrul Mustafa mengatakan jika wilayah Sumbar secara umum belum seluruhnya masuk ke dalam daerah yang sadar akan gempa bumi. Pasalnya, di beberapa kabupaten/kota masih terdapat bangunan yang berciri-ciri tidak tahan bencana yang dapat merobohkan bangunan itu. "Saya ingin pemerintah setempat mampu mendorong daerahnya yang rawan bencana gempa dan tsunami dapat meningkatkan kesiapsiagaan, baik itu fisik mamupun non fisik dalam menghadapi bencana itu," katanya.

Sebelumnya, gempa bumi dengan skala rendah juga terjadi di Denpasar, Bali pada Kamis (21/6/2018) pukul 21.48 WIB. Kekuatan gempa tersebut hanya sekitar 3 SR dengan kedalaman 10 kilometer. Lokasi gempa pun berada di 8.83 lintang selatan dan 115.19 bujur timur, tepatnya berada di 17 KM barat daya Denpasar.