JAKARTA - Ribuan Muslim dari beragam daerah di Indonesia menghadiri kegiatan tablig akbar yang menghadirkan beberapa ulama di Lapangan Kerkof, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu. Jamaah yang telah datang mulai sejak Jumat (10/11) malam sudah memadati lapangan Kerkof yang ada di pusat kota Garut untuk mendengarkan ceramah dengan topik Tablig Akbar " Garut Bumi Islam ".

Satu diantara ulama Garut, KH Abdul Halim waktu ceramahnya di atas panggung menyebutkan, umat Islam merindukan kebersamaan untuk jadikan Islam yang kuat. Ia mengajak, semua umat Islam, terutama yang ada dalam tablig akbar di Garut untuk tetaplah melindungi persatuan serta kesatuan seperti yang sudah diajarkan dalam agama Islam.

"Kami merindukan ukhuwah Islamiyah. Mau kah kita bersatu? tidak melihat golongan partai atau ormas, yang penting seperti dalam Alquran, mereka adalah saudara-saudara kita," tuturnya.

Satu diantara panitia Tablig Akbar, Yusuf menyebutkan, awalannya aktivitas itu juga akan dikerjakan di Lapang Alun-alun Garut. Namun, karena jumlah jamaah yang banyak, pada akhirnya dipindahkan ke Lapang Kerkof yang lebih luas.

Ia mengemukakan tablig akbar itu mendatangkan penceramah terkenal, Ustad Bachtiar Nasir. "Jamaah yang hadir di tablig akbar sangat banyak, datang dari berbagai daerah," ujarnya.

Tablig akbar itu memperoleh pengamanan dari kepolisian serta TNI di sekitaran lokasi Lapang Kerkof dan beberapa ruas jalan di Garut.