SUKABUMI - Amukan gelombang tinggi yang diakibatkan oleh pengaruh siklon tropis Dahlia memporak porandakan sejumlah warung serta sejumlah perahu nelayan. Peristiwa tersebut terjadi di Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Kamis (30/11/2017) pukul 16.00 WIB. Secara tiba-tiba air laut mendadak pasang serta nyaris sejajar dengan lantai Pelabuhan Perikanan Palabuhanratu Sukabumi.

"Kondisi ombak sejajar dengan dermaga. Beberapa perahu diesel milik nelayan yang awalnya tertambat kini kondisinya rusak dan tenggelam diterjang ombak. Kalau jumlah pastinya masih belum tahu," kata Deni Abdul Khalik (28), warga Palabuhanratu. Kondisi serupa juga terjadi di Pantai Citepus yang masih berada di teluk Palabuhanratu. Ombak setinggi hampir empat meter menerjang serta merendam sejumlah warung milik pedagang di tepi pantai.

"Beberapa warung mengalami kerusakan berat. Pemiliknya untuk sementara diamankan ke lokasi yang aman oleh relawan desa siaga. Untuk jumlah pasti masih belum bisa diprediksi karena kemungkinan terus bertambah," kata relawan Balawista, Asep Edom.

Koordinator Pos SAR Basarnas Sukabumi Aulia Solihanto membenarkan kejadian tersebut. Menurut dia, cuaca ekstrem berupa hujan disertai badai masih mendominasi di kawasan pesisir pantai Palabuhanratu. "Kawasan Cipatuguran, Citepus, Palabuhanratu angin masih kencang. Saya tadi rekam gambar pakai ponsel saja sampai goyang-goyang karena angin yang kencang. Kami sudah siaga untuk turun bila memang ada yang membutuhkan bantuan," kata Aulia.