BREAKINGNEWS.CO.ID - Dewan Pimpinan Pusat Partai GOLKAR bersama keluarga besar partai beringin terus meningkatkan tali silaturahmi, dengan menggelar acara Halal bi Halal pada Jumat (29/05/2020) pukul 19.00 WIB. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, acara kali ini digelar secara Virtual, menyikapi aturan PSBB (pembatasan sosial berskala besar) selama Pandemi Covid-19.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Airlangga Hartarto yang didampingi istri Yanti Airlangga, mengucapkan selamat hari Raya Idul Fitri dan tak lupa memohon maaf lahir batin kepada semua kader Golkar.

“Walaupun dilakukan secara virtual namun saya yakin tidak akan mengurangi makna dan substansi hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah,” ungkap Airlangga.  “Tanpa dilaksanakannya tradisi-tradisi Lebaran kali ini, sama sekali tidak mengurangi kekhusukan dan kekhidmatan perayaan hari raya Idul Fitri.”

Airlangga menyampaikan penghargaan kepada kader Golkar dan masyarakat yang telah mematuhi dan mentaati anjuran pemerintah, untuk menggelar perayaan Idul Fitri di rumah masing-masing, tanpa mudik dan tetap disiplin dengan protokol Covid-19.

Menko Perekonomian juga mengingatkan jika Lebaran kali ini umat muslim di Indonesia telah menjalani ujian kesabaran dalam menjalankan ibadah puasa dan mampu melewatinya. “Kini tiba saatnya kita semua di fase baru di bulan Syawal  dengan membuka lembaran baru untuk meningkatkan amal ibadah kita menjadi manusia yang lebih baik,” kata Ketua Umum Golkar itu.

Ia berharap pada bulan Syawal ini menjadi momentum bagi Kader Partai Golkar untuk meningKatkan kinerja dan kerja lebih keras, lebih produktif dalam menjalankan ideologi Partai Golkar, karya dan kekaryaan.

“Di tengah pandemi Covid-19 dan sebelum ditemukan vaksin Covid, kita mendukung langkah pemerintah untuk memberlakukan normal baru atau new normal. Dimana masyarakat menjalankan aktivitas seperti biasa dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid secara ketat agar tetap terhindar dari penularan virus tersebut,” ujar Airlangga.

Ia meminta agar masyarakat bisa bekerja di tengah pandemi yang kelihatannya akan berlangsung lama sebelum vaksin ditemukan. Selain  itu Airlangga berharap masyarakat beradaptasi dengan kondisi ini dengan mematuhi protokol yang ditetapkan pemerintah seperti dalam kebijakan normal baru tersebut.

Airlangga juga mengharapkan seluruh kader Partai Golkar dan seluruh Ketua DPD Partai Golkar agar ikut menjaga protokol new normal ini agar bisa menyelesaikan dua hal. “Pertama memutus mata rantai covid, kedua menurunkan mata rantai terjadinya kenaikan PHK. Jadi memutus pandemi kesehatan dan menjaga pandemi jangan sampai terjadi banyak PHK,” kata Airlangga.

Indonesia saat ini menurut Airlangga menjadi negara yang kurang beruntung selama pandemi Covid-19 karena banyak terjadi PHK yakni sekitar 1,8 juta orang. “Inilah yang direncanakan untuk dikurangi dalam kegiatan new normal agar masyarakat tetap produktif dan aman dari covid. Ini juga upaya menyeimbangkan jaga jiwa dan jaga perekonomian,” kata Airlangga.

Tak lupa Airlangga sembari mengapresiasi Program Golkar Lawan Covid yang sudah menyumbangkan bantuan 1,2 juta paket bantuan kesehatan dan sembako di seluruh Indonesia.

Pada akhir sambutannya, Airlangga mengingatkan agenda penting Pilkada pada 9 Desember 2020, yang setidaknya diadakan di sembilan provinsi 220 kabupaten dan 37 kota. “Pilkada kali ini tidak sama dengan sebelumnya, dan kita harus menyesuaikan dengan kondisi tersebut. Saya mengapresiasi kepada teman-teman di Komisi 2 yang telah berjuang dan mempertahankan jadwal pilkada. Kita harus bekerja keras berjuang agar calon yang diusung Partai Golkar bisa memenangkan Pilkada tersebut,” ucap Airlangga.

Sebelumnya, Halal Bihalal ini dibuka oleh Wakil Sekjen yang menjadi Ketua panitia acara, Tb. Ace Hasan Syadzily. Kemudian dilanjutkan lantunan ayat suci Al Quran, Ustad R. Harmoko, juara MTQ nasional tahun 2012, dan juara MTQ Internasional 2012 dan 2016.  Harmoko membacakan Surat Al Imron 133 dan 134. Sementara ceramah Halal Bihalal diberikan oleh Prof. Dr. Komaruddin Hidayat MA, Rektor Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII).

Tampak hadir dalam acara ini Agung Laksono, Abu Rizal Bakrie, Luhut Binsar Panjaitan, Azis Syamsudin, Bambang Soesatyo, Lodewijk Paulus, Zainudin Amali, Agus Gumiwang, Nurul Arifin, Kahar Muzakir, dan pengurus teras Golkar lainnya.