BREAKINGNEWS.CO.ID - Sikap negarawan ditampilkan eks Panglima TNI Gatot Nurmantyo di masa jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Ia menyatakan bersikap netral dan mengajak masyarakat mengawal pelaksaan Pemilu 2019 berjalan aman dan lancar.

Tanpa menyebut nama, Gatot Nurmantyo mengatakan akan mendukung siapapun yang terpilih dalam pelaksanaan Pilpres pada April 2019. "(Semoga) Pilpres berjalan aman dan siapapun yang terpilih sama-sama kita dukung," ujarnya kepada Breakingnews.co.id, Minggu (13/1/2019).

Kemana arah eks Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo berkiblat jelang Pilpres 2019 masih belum bisa ditebak. Ia menegaskan dirinya masih netral. Bahkan, lewat akun Instagram (IG) resminya, Gatot meminta agar fotonya dicopot dari baliho Prabowo-Sandiaga.

Gatot sengaja menyampaikan permintaan lewat IG agar publik tahu bahwa dirinya masih dalam posisi netral. "Saya tidak ke mana-mana (belum memutuskan untuk ke mana). Masih netral," kata Gatot.

Eks Panglima TNI itu mengatakan ingin berpikir jernih sebelum membuat keputusan. Gatot menyatakan akan memutuskan untuk memilih salah satu pasangan saat pencoblosan saja.

"Untuk pribadi biar di bilik suara saja. Saya harus berpikir jernih dan mungkin di penghujung baru saya tentukan apakah bersikap atau tetap seperti saat ini," katanya.

Sikapnya yang netral hingga saat ini berbeda jauh dengan situasi terdahulu di mana Ia sempat bergerilya mencari tiket ke Pilpres 2019. Semangat mulai redup dan pendukungnya juga 'kempes' karena tak ada partai menjadikannya sebagai tunggangan meraih tiket.

Pendukung Gatot tergolong lumayan besar. Maka itu, Ia belum memutuskan untuk melabuhkan kemana tiket suaranya. Salah satu komunitas pendukung fanatiknya, yaitu GNR, memilih melabuhkan dukungan ke Jokowi-Ma'ruf.

DICOPOT

Menyambung permintaan Gatot, Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga mengatakan segera menindaklanjuti aspira eks Panglima TNI tersebut. Baliho mana yang dimaksud Gatot?

"Itu pemasangan baliho di posko di Solo, tapi kalau ternyata Pak Gatot keberatan, segera kamj sampaikan ke teman-teman yang memasang baliho itu," kata juru bicara BPN, Andre Rosiade kepada wartawan, Minggu siang.

Andre yang politikus Partai Gerindra itu menyebut dirinya segera menghubungi pihak yang memasang baliho agar foto Gatot segera dicopot secepatnya.