BREAKINGNEWS.CO.ID – Spekulasi tentang masa  depan Gareth Southgate bersama tim nasional Inggris akhirnya terjawab. Mantan manajer Middlesbrough ini akhirnya sepakat untuk memperpanjang kontraknya bersama The Three Lions.

Southgate sendiri pertama kali dilantik sebagai manajer Timnas Inggris adalah pada tahun 2016 lalu. Kala itu ia menggantikan posisi Sam Allardyce dari kursi kepelatihan karena tersandung skandal.

Tak butuh waktu lama, Southgate pun membuat The Three Lions kembali disegani. Ia berhasil memimpin Timnas Inggris di Piala Dunia Rusia 2018, di mana timnya itu berhasil menembus babak semi final pada pagelaran akbar tersebut.

Dengan penampilan apiknya itu, banyak pihak yang mendesak Federasi Sepak Bola Inggris (FA) untuk mempertahankannya. Seperti dilansir dari The Telegraph, pihak FA pun akhirnya menerima masukan itu dan tengah bersiap untuk memperpanjang kontrak sang manajer.

Menurut laporan media tersebut, para petinggi FA telah mengevaluasi performa Southgate selama kurang lebih dua tahun terakhir ini. Hasil evaluasi itu menegaskan jika mereka puas dengan kinerja yang sudah ditunjukan Southgate.

Pihak FA menilai jika ada perkembangan yang signifikan di tubuh The Three Lions. Mereka menilai Timnas Inggris saat ini telah memiliki gaya bermain dan juga karakter yang jauh baik. Selain itu, FA juga menilai ada keharmonisan antar pemain di Timnas Inggris saat ini. Untuk itu mereka menilai Southgate perlu dipertahankan lebih lama.

Masih menurut lapran yang sama, kontrak Southgate akan habis pada tahun 2020 mendatang. Namun pihak FA siap memperpanjang kontrak itu. Southgate kabarnya akan diperpanjang kontraknya hingga tahun 2022. Ia akan dievaluasi setelah Piala Dunia 2022 di Qatar nanti.

Selain itu, Southgate kabarnya bakal mendapatkan kenaikan gaji yang cukup signifikan, di mana ia akan mendapatkan gaji sebesar 12 juta poundsterling (Rp234,7 miliar) per tahun oleh FA. The Telegraph juga melaporkan jika kontrak baru Southgate ini akan diumumkan pada hari Kamis (27/9/2018) waktu setempat pada saat pertemuan para eksekutif FA.