BREAKINGNEWS.CO.ID -  Indonesia mengirim lima wakil ke babak semifinal  Indonesia Masters 2020. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menjadi wakil Indonesia kelima yang lolos ke babak semifinal Daihatsu Indonesia Masters 2020. Lewat laga rubber game, Fajar/Rian mengalahkan Kim Astrup/Anders Skaarup Rassmussen, dengan skor 18-21, 21-13, 21-17, Jumat (17/1/2020).

Ini jadi kemenangan pertama Fajar/Rian atas Astrup/Rasmussen, setelah dua kekalahan sebelumnya.  "Dari head to head kami memang kalah 0-2, mereka nggak gampang mati, tenaga terkuras. Secara individu, mereka bagus. Mainnya sabar dan cerdik, pemain Denmark itu cerdik-cerdik," kata Fajar.

"Sebenarnya mereka mainnya sama dengan di pertemuan sebelumnya, tapi walau sudah ketinggalan di game 3, kami ketinggalan terus, kami tetap coba untuk masuk dulu, nggak boleh mati sendiri, usaha cari poin dan akhirnya bisa," kata Rian.

Empat wakil sebelumnya yang juga lolos adalah Anthony Sinisuka Ginting, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, serta dua ganda putra, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Lolosnya Fajar/Rian sekaligus memastikan Indonesia amankan satu tempat di final ganda putra. Di babak semifinal, Fajar/Rian akan berhadapan dengan senior mereka, Hendra/Ahsan.

Ganda putra Indonesia berpeluang untuk menciptakan partai all Indonesian final. Di pool atas, ada Kevin/Marcus yang akan berhadapan dengan Aaron Chia/Soh Wooi Yik dari Malaysia. Kevin/Marcus meraih tiket semifinal setelah menundukkan Goh Sze Fei/Nur Izzuddin (Malaysia), dengan skor 21-13, 23-21. "Di game pertama kami sudah menekan lawan dari start awal dan itu berhasil. Di game kedua, mereka lebih berani dan nggak gampang mati, mainnya juga lebih safe, jadi lebih alot," komentar Kevin soal pertandingan.

"Lawan lebih banyak menyerang di game pertama, lapangan kami juga lebih menguntungkan karena 'menang angin', serangannya lebih dapat. Di game kedua, serangannya nggak seefisien game pertama, sebaliknya serangan lawan lebih ada tekanannya," jelas Marcus.

Meskipun tercatat belum pernah kalah di empat pertemuan dengan Chia/Soh, namun Kevin/Marcus tetap mewaspadai lawannya tersebut.

"Kami sudah sering ketemu, defense-nya rapat. Kami harus lebih siap dan fokus, harus lebih yakin lagi kalau main di sini," ujar Marcus.