JAKARTA - Atlet lari 3000 meter halang rintang putra Indonesia Atjong Tio Purwanto gagal menyumbangkan medali emas di test event Asian Games 2018.

Pada lomba yang diselenggarakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Rabu (14/2/2018), ia kalah dari atlet Sri Lanka, Phuspalrumara yang meraih emas dengan catatan waktu 8 menit 59,70 detik.

Sementara Atjong, sapaan akrabnya, finis dengan waktu 9 menit 5, 86 detik. "Alhamdulillah saya masih program latihan umum, belum latihan khusus dan hasilnya sudah mendekati hasil di sea games (emas)," kata Atjong sesudah lomba.

Untuk persiapan Asian Games, peraih medali emas SEA Games ini berharap mendapatkan porsi latihan di Eropa."Ya pinginnya pelatih dan saya semakin banyak try out ke turnamen lain untuk meningkatkan prestasi. Kalau bis baiknya ke Eropa. inginnya ke Spanyol kata pelatih bagus atau ke Kenya," katanya, menambahkan.

Lebih lanjut, Atjong mengakui untuk lawan terberat di Asian Games nanti adalah negara-negara dari kawasan Asia Barat. "Bahrain juga bagus, karena mereka menggunakan pemain naturalisasi asal Afrika,"pungkasnya.