BREAKINGNEWS.CO.ID – Ajang pencarian bakat penyanyi bertajuk  Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2020  memberi tempat dan kesempatan kepada sejumlah anak muda untuk menjadi juri kontes pencarian bakat yang dihelat oleh stasiun Indosiar. 

Mereka akan mendampingi para juri yang dibagi dalam dua tim, Merah dan Putih dan terdiri dari sejumlah penyanyi senior untuk  menentukan lolos tidaknya para peserta kontes yang diikuti 70 penyanyi dari 34 provinsi tanah air tersebut.

Tim Merah beranggotakan penyanyi dangdut yang telah lama berkecimpung di industri musik Tanah Air yaitu Soimah, Rita Sugiarto, Nassar, Inul Daratista, Dewi Perssik, Zaskia Gotik, dan Nita Thalia. Sedangkan Tim Putih beranggotakan penyanyi dangdut millenial yaitu Lesti DA, Fildan DA, Reza DA, dan Weni DA. Keempat penyanyi muda itu dipilih karena dirasa mampu untuk memberikan penilaian kepada para peserta LIDA 2020.

“Mereka dipilih bukan karena sekedar mantan juara, namun juga karena dinilai punya kemampuan bermusik serta nyanyi yang memadai,”kata Harsiwi Achmad selaku Direktur Programming SCM,  di Jakarta  Kamis,(23/1/2020)

Selain itu, LIDA 2020 akan menjadi jalan bagi para duta provinsi bermetaformosis from zero to hero. “Tidak hanya bagi dirinya sendiri tetapi juga bagi keluarganya lewat bakat yang mereka miliki," tambah Harsiwi.

Menjawab beban tugas yang diberikan  padanya, Lesti yang didapuk sebagai salah satu juri mengatakan, dirinya akan menjalankan tugas barunya dengan penuh tanggungjawab. Selain  juga memberi  beberapa masukan atas pengalamannya selama ini mengikuti kompetisi menyanyi.   "Diberikan kesempatan untuk duduk di kursi juri di mana ini tanggung jawab yang sangat besar, semoga amanah, semoga nanti kita bisa sharing sama temen-temen yang lagi berjuang nanti, pokoknya doain yang terbaik semoga kita bisa memberikan yang terbaik aja," ucap Lesti.

Sementara, Wildan berharap bisa bekerja sama untuk membuat para peserta menjadi penyanyi dangdut yang berbakat dan menjadi bintang. Ia ingin para peserta mendapatkan kesempatan seperti dirinya yang kini mulai dikenal masyarakat luas. "Ini adalah salah satu kesempatan dan terima kasih. Jadi saya sebagai juri Liga Dangdut 2020 tim putih. Di sini kita akan bekerja sama agar membuat peserta sebagai bintang. Karena bagaimanapun dulu kita kaya mereka juga, kita pernah berdiri di panggung itu, jadi kita harus membuat mereka jadi bintang, harus fokus sama mereka," kata Wildan.

Sementara itu, Rara DA akan menjadi salah satu pembawa acara bersama dengan Irfan Hakim, Ramzi, dan Gilang Dirga. Ia merasa bersyukur karena diberikan kesempatan yang lebih untuk dapat terus berkembang.

"Kalau Rara sih lebih ke bersyukur terima kasih karena  diberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam LIDA 2020 yang mana kita sendiri senang, bersyukur, punya tanggung jawab sendiri dilibatkan di acara besar seperti ini. Terima kasih pokoknya, senang banget," ucap Rara.    

Pada ajang ini,  peserta akan  memperebutkan hadiah dengan total Rp1 miliar dan piala bergilir yang akan selalu ditambahkan ornamen-ornamen dari para pemenang. Kini telah ada ornamen dari Sulawesi Selatan dan Aceh.