BREAKINGNEWS.CO.ID- Akademisi dari Binus University, Frederikus Fioz mengatakan, makna hari pahlawan seyogyanya melakukan hal yang positif dan bermakna bagi bangsa dan negara. "Saya kira melakukan hal yang positif dan bermakna untuk bangsa ini. Pahlawan kan melakukan hal yang penting di masanya. Saya pikir untuk generasi zaman sekarang khususnya milineal lakukan hal yang positif, yang berguna untuk kepentingan bangsa dan negara," ujar Frederikus di Kampus Atmajaya, Jakarta Selatan, Sabtu (10/11/2018). 
 
Menurut Frederikus, berbicara soal pahlawan, berarti bagaimana menggunakan waktu supaya bisa mewariskan (legacy) sesuatu untuk masa depan. 
 
"Karena bicara tentang pahlawan kan bicara tentang bagaimana menggunakan waktu secara baik untuk mendapatkan legacy. Berarti hal yang bisa diwarisi di masa depan kita sebagai manusia," jelasnya. 
 
Untuk itu Pakar Filsafat Politik ini pun meminta generasi penerus bangsa harus menggunakan waktu secara efektif dengan melakukan hal yang positif.  
 
"Jadi generasi mudah harus menggunakan waktu secara efektif melakukan hal yang baik positif dan berguna untuk kebaikan bangsa," jelasnya.  
 
"Menjaga Indonesia bukan untuk melakukan hal yang memecah belah persatuan. Khususnya dalam pancasila, memperkuat nilai-nilai pancasila, pemerkuatan karakter sesuai dengan nilai Indonesia," tegasnya. 
 
Sementara Presiden Joko Widodo berharap pemuda Indonesia, terutama generasi milenial, menjadikan Hari Pahlawan sebagai penyemangat untuk terus berkarya mengharumkan nama bangsa.

"Semangat memajukan bangsa ini, semangat untuk membuat negara Indonesia ini maju," kata Jokowi di Kantor Gubernur Provinsi Jawa Barat, Bandung, Sabtu, 10 November 2018.

Dia menuturkan, pemuda juga harus terus berinovasi dan berkreasi. Tak lupa, dia berpesan agar pemuda selalu optimistis.

Menurut Jokowi, semangat itu pula yang membuat para pahlawan terus berjuang. "Semangat untuk merdeka setelah itu semangat untuk membangun negara, semangat untuk memajukan negara, semangat untuk membuat Indonesia maju," katanya.

Hari Pahlawan diperingati setiap 10 November. Peringatan ini mengenang perjuangan para pahlawan pada 10 November 1945 di Surabaya, Jawa Timur.