BREAKINGNEWS.CO.ID – Timnas Indonesia U-19 dalam pertandingan uji coba internasional menghadapi Yordania di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Sabtu (13/10/2018) berhasil memetik kemenangan tipis. Sempat unggul tiga gol, Indonesia akhirnya menang 3-2 usai Yordania bangkit di babak kedua.

Dalam pertandingan uji coba tersebut, Indra Sjafri mencadangkan Egy Maulana Vikri. Egy baru diturunkan di pertengahan babak pertama menggantikan Feby Eka Putra. Indonesia mendapatkan peluang lebih dulu melalui sepakan Witan Sulaeman. Akan tetapi tendangan Witan ditepis oleh penjaga gawang Yordania, Waleed Issam.

Empat menit berselang, giliran Syahrian Abimanyu yang menciptakan peluang melalui tembakan dari luar kotak penalti. Bola tendangan Syahrian masih bisa ditangkap oleh Waleed Issam. Serangan-serangan Indonesia kerap dipatahkan oleh Yordania. Sementara tekanan dari Yordania juga belum ada yang membahayakan gawang Indonesia.

Indonesia mendapta peluang emas pada menit ke-41. Egy yang baru masuk pada menit ke-38 melakukan serangan balik hingga ke kotak penalti. Bola yang lepas dari kaki Egy kemudian diumpan ke tiang jauh oleh Saddil Ramdani. Akan tetapi Rafli Mursalim yang berdiri bebas tidak berhasil menyarangkan bola ke dalam gawang. Sepakannya masih menyamping dari gawang Yordania.

Indonesia pada akhirnya mencetak gol pada menit ke-45. Firza Andika melepaskan tendangan spekulasi dari luar kotak penalti dan bola bersarang di pojok kiri bawah gawang Yordania. Indonesia menggandakan keunggulan pada menit ke-55. Saif Adnan melakukan gol bunuh diri saat berusaha menghalau bola lemparan ke dalam dari Indra Mustafa. Bola sundulan Saif justru meluncur masuk ke gawang sendiri.

Yordania bukan tanpa peluang. Tendangan bebas Bassam Ata Ibrahim mengarah ke gawang, akan tetapi ditepis oleh Aqil Savik. Pergerakan Egy menghasilkan peluang emas untuk Indonesia. Menggiring bola hingga ke kotak penalti Yordania, Egy kemudian melepaskan umpan pendek. Akan tetapi tendangan Saddil Ramdani diblok penjaga gawang Yordania.

Bola muntah langsung dimanfaatkan oleh Firza. Dia melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang tidak dapat diantisipasi oleh Waleed Issam. Indonesia unggul 3-0 pada menit ke-74. Yordania memperkecil ketertinggalan pada menit ke-80. Melalui skema sepak pojok, Ibrahim Sadeh menjebol gawang Indonesia.

Enam menit berselang, Yordania kembali mencetak gol. Kali ini Abdel Motalib Aburiziq menuntaskan umpan tarik dari Omar Hani Ismail untuk menaklukkan Aqil Savik. Di masa injury time selama empat menit, Indonesia mampu mempertahankan keunggulan. Skor 3-2 untuk Garuda Nusantara aman hingga wasit meniup peluit panjang.

Susunan Pemain

Indonesia: Aqil Savik, Nurhidayat Haji Haris, Rifad Marasabessy (Asnawi 59'), Firza Andika, Indra Mustafa, Luthfi Kamal, Syahrial Abimanyu (Rafi Syarahil 67'), Feby Eka (Egy Maulana Vikri 37') (Aulia Hidayat 91'), Witan Sulaeman (Todd Ferre 67'), Rafli Mursalim (Hanis Saghara 48'), Saddil Ramdani

Yordania: Waleed Issam, Hadi Omar Ahmed, Danial Ahmed Mustafa, Youssef Mohammad, Saif Aldeen Adnan, Omar Hani Ismail, Hamza Fouad Omran, Ahmad Yasen, Moath Youssef, Khaled Radi Kourdi, Mohammad Wael.