BREAKINGNEWS.CO.ID - Kalian pasti ingat dengan pelajaran sejarah yang menjelaskan tentang Neil Armstrong, orang pertama dari Bumi yang menginjakan kakinya di Bulan. Selama bertahun-tahun sejak kehebohan ini dicatat dalam sejarah, banyak dari masyarakat hanya menerangkan tentang pesawat seperti apa yang dipakai oleh Neil dan dua astronot lainnya yang juga ikut berhasil serta tidak ketinggalan bukti foto hitam putih hingga kini.

Untuk menggambarkan hal tersebut secara jelas dan mendetail, rumah produksi Universal Pictures bersama dengan DREAMWORKS PICTURES and PERFECT WORLD PICTURES serta A TEMPLE HILL Production dan A DAMIEN CHAZELLE Film memproduksi film yang mengangkat cerita utuh perjalanan seorang Neil Armstrong sampai ke Bulan.

Film yang diberi judul First Man ini diadaptasi dari buku biografi Neil Armstrong karya penulis James R. Hansen yang terbit di tahun 2005. Sutradara sukses dari film musikal La La Land, Damien Chazelle di percaya untuk menggarap film tersebut. Untuk penulisan skenario dipercayakan peraih Academy Award for Best Original Screenplay, Josh Singer.

Untuk First Man, cerita yang disajikan lebih berfokus pada sudut pandang dan perspektif dari sisi seorang Neil Armstrong. Perjalanan rumit dan penuh tantangan sebelum Neil bisa menjadi salah satu astronot dalam penerbangan luar angkasa Apollo 11 yang bersejarah.

Tidak melulu pada sisi seorang Neil Armstong sebagai astronot, namun kehidupannya sebagai kepala keluarga juga digambarkan sebagai bumbu drama dalam film First Man. Karakter Janet Shearon, istri dari seorang Neil diperankan oleh aktris yang dikenal lewat perannya dalam serial televisi The Crown, Claire Foy.

Film berdurasi lebih dari 2 jam 13 menit tersebut sebenarnya menjelaskan dan menggambarkan bagaimana teknologi di tahun 1960-an bisa membuat perjalanan luar angkasa yang bersejarah sekaligus beresiko. Seorang astronot tidak hanya aktor dibalik kursi penumpang yang menunggu komando dari pusat dalam hal ini, NASA tetapi juga harus bisa bertindak sebagai pilot dan engineering yang paham seluk beluk kapal.

Sedangkan dari sisi seorang istri dan anak, seolah sudah tanda tangan bahwa mereka akan menjadi janda dan yatim sesaat suami dan ayah mereka menerima pekerjaan sebagai penjelajah luar angkasa atau astronot. Resiko kegagalan jauh lebih besar dibandingkan dengan keberhasilan itu sendiri. Dan yang sudah pasti menelan biaya yang tidak sedikit.

Jika bicara tentang kualitas akting seorang Ryan Gosling pastinya tidak perlu diragukan lagi. Tetapi untuk film First Man bisa dikatakan Ryan berhasil memerankan karakter Neil Amstrong yang diketahui sebagai orang yang “gila kerja”, pantang menyerah, pintar namun juga sedikit kearah introvert. Karakter lainnya jangan terlupakan dan pastinya tidak kalah penting, terlebih untuk menghidupkan karakter utama sebagai inti dari cerita film tersebut.

Berbicara soal filmnya sendiri First Man yang hanya berfokus pada satu karakter yaitu Neil Armstrong. Hal itu pastinya menjadi alur yang bercerita tentang dan bercerita tentang biografi tentangnya, film selama 2 jam lebih ini terkesan membosankan dan monoton. Diluar pesan yang ingin disampaikan tim produksi lewat film ini. Musik yang luar biasa sedikit menutupi hal tersebut dan pantas diacungkan jempol kepada music directornya.

Film ini juga melibatkan beberapa nama aktor terkenal seperti Jason Clarke, Ciaran Hinds, Corey Stoll, dan Pablo Schreiber. Karakter-karakter lain yang ada pun berasal dari tokoh asli di dunia nyata.

Film First Man baru akan dirilis di Amerika Serikat pada 12 Oktober mendatang. Di Indonesia, film ini sudah tayang di bioskop pada 10 Oktober 2018.