JAKARTA - Pada saat ketika pengguna web menjadi lebih prihatin tentang privasi online dan data pribadi mereka, Mozilla telah meluncurkan versi baru Firefox untuk peramban web iOS yang mencakup Perlindungan Pelacakan diaktifkan secara default. Itu berarti ketika Anda menggunakan browser, situs web tidak akan dapat melacak aktivitas Anda dan menangkap informasi pribadi Anda, kecuali Anda secara eksplisit mengizinkan situs tertentu untuk memiliki kemampuan itu.

Seperti dilansir dari Tech Crunch, Kamis (12/4/2018), fitur ini sebelumnya tersedia di Firefox untuk iOS, tetapi pengguna harus menyalakannya sendiri. Sekarang, ini secara default, Mozilla mengatakan, apakah browser digunakan dalam mode Biasa atau diatur ke mode Penjelajahan Pribadi. Yang terakhir adalah mode yang lebih pribadi yang mencakup iklan otomatis dan pemblokiran konten, dan tidak menyimpan riwayat situs yang dikunjungi.

Perlindungan Pelacakan Firefox didasarkan pada teknologi yang sama yang memblokir iklan, analitik

Perlindungan Pelacakan Firefox didasarkan pada teknologi yang sama yang memblokir iklan, analitik, dan pelacakan media sosial yang juga digunakan oleh Firefox Focus content blocker pada Android dan iOS, serta di Firefox untuk Desktop dan Firefox untuk Android. Dan aturannya tentang pelacak didasarkan pada daftar blokis Disconnect, yang memiliki definisi khusus pelacakan yang bertujuan untuk melindungi data pengguna individu dari pengumpulan di beberapa situs web dan kemudian dipertahankan.

Mozilla mengatakan itu membuat perlindungan pelacakan default dalam menanggapi kekhawatiran pengguna yang meningkat atas privasi data. “Di Mozilla kami selalu percaya bahwa penting untuk menghormati privasi orang dan memberi mereka kendali untuk memutuskan informasi mana yang ingin mereka bagikan, dan informasi apa yang tidak mereka bagikan. Sekarang, semakin banyak konsumen yang menuntut hal ini dari perusahaan tempat mereka berbagi data mereka, ”kata Mozilla, dalam pengumumannya tentang peluncuran tersebut.

Tentu saja, mengaktifkan Perlindungan Pelacakan memiliki manfaat lain juga. Ketika situs web tidak macet dengan skrip pelacakan, mereka cenderung memuat lebih cepat. Dan dengan situs web yang berkinerja lebih baik dan memuat lebih cepat, pengguna juga akan menghemat data seluler dan tidak menghabiskan baterai mereka dengan cepat.

Perubahan ke Pelacakan Perlindungan adalah fitur paling penting yang tiba di versi terbaru Firefox untuk iOS, tetapi bukan hanya satu-satunya. Peramban sekarang juga akan memungkinkan pengguna iPad untuk menata ulang tab mereka, memperkenalkan lebih banyak pintasan keyboard , dan mendukung seret-dan-lepaskan tautan antara Firefox dan aplikasi lain.