BANDUNG - Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham menegaskan dukungan Partai Golkar untuk Ridwan Kamil dalam Pilkada Jawa Barat sudah final. Hal ini dikatakan Idrus usai menggelar pertemuan bersama Ridwan Kamil, Sabtu (4/11/2017).

Dalam pertemuan itu, Idrus memperlihatkan kepada Ridwan Kamil surat keputusan resmi Partai Golkar terkait pemberian dukungan di Pilkada Jabar 2018. Beberapa waktu sempat beredar pula surat dukungan Golkar untuk Ridwan Kamil. Namun belakangan diketahui surat terdahulu adalah bodong alias palsu.

"Yang pasti hari ini selaku Sekjen saya ke sini atas perintah Pak Setya Novanto. Sehingga dengan demikian tidak ada lagi diskusi gonjang-ganjing di luar itu karena masih ada spekulasi serta kemungkinan. Surat yang sudah ditandatangani ketum yaitu final. Tidak ada lagi seandainya, itu sudah selesai, " tutur Idrus.

Setelah resmi mendukung, lanjut Idrus, pihaknya akan membantu sosialisasi Ridwan Kamil ke sejumlah daerah di Jabar.  "Tinggal bagaimana ke depan langkah yang kita lakukan meyakinkan rakyat bahwa Kang Emil yang terbaik memimpin Jabar dengan program, visi, misi, track record serta prestasinya, " katanya.

Kendati isi suratnya sama, Idrus menegaskan jika berkas surat dukungan itu berbeda dengan surat bodong yang beberapa waktu lalu membuat geger. "Ini SK asli sudah dipegang tapi belum diambil, jadi surat sebelumnya yang saya katakan itu bukan dari Golkar. Kalau dari kami jelas, dalam surat (bodong) itu tanggal enggak ada, nomor surat gak ada serta lainnya. Jadi saya kira sekarang tidak ada masalah, " kata Idrus.