BREAKINGNEWS.CO.ID - Film pendek Indonesia kembali meraimaikan dan bersaing dengan film-film luar negeri. Kali ini film pendek karya sutradara muda Aditya Ahmad yang diproduksi Miles Films berjudul Kado (A Gift) berhasil meraih penghargaan di Festival Film Internasional Venice 2018, Italia.

Film yang juga disutradarai Mira Lesmana dan Riri Riza ini berhasil membawa pulang penghargaan dalam kategori film pendek terbaik atau kompetisi film pendek Orizzonti The 75th Venice International Film Festival 2018. Festival film ini digelar di Italia, 8 September lalu.

Kabar bahagia ini diumumkan langsung oleh Mira Lesmana melalui Instagram pribadinya. Di sampingnya berdiri produser film Mira Lesmana, Riri Riza, serta pemain film "Kado" lainnya. Juga dengan senyum mengembang memegang piala yang sama.



"Kami sangat gembira untuk membagikan kabar baik dari Venice La Biennale: Miles Films’ new short film KADO (A Gift) oleh Aditya Ahmad telah memenangkan film pendek terbaik di Orizzonti - 75th Venice International Film Festival 2018," tulis Mira Lesmana di kolom keterangan.

Dalam foto, Mira Lesmana dan Riri Riza bersama Aditya Ahmad dengan bangga memamerkan piala kemenangan atas film Kado ini. "Selamat @ditsmad, kami sangat bangga padamu! selamat juga untuk semua kru dan pemain," katanya.

Dan yang lebih membanggakan lagi, Aditya Ahmad ternyata adalah satu-satunya sineas dari Indonesia yang ikut berkompetisi di Festival Film Internasional Venice ke-75 itu.

Film tersebut memperoleh nominasi untuk beberapa kategori antara lain Best Actor, Best Director, dan Best Screenplay. Film Kado garapan Ahmad Aditya itu bersaing dengan 12 film pendek lain dari berbagai negara di ajang bergengsi tersebut. Dan ini bukanlah penghargaan pertama yang diraih pria 29 tahun tersebut.

Selain Kado (A Gift), Kucumbu Tubuh Indahku (Memories of My Body) karya Garin Nugroho juga masuk dalam seleksi bersama 18 judul lainnya.

Kedua film Indonesia tersebut ditayangkan untuk publik pertama kalinya dalam The 75th Venice International Film Festival dan memperoleh apresiasi baik dari para penonton.
 
Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani, turut hadir pada penayangan film dan menyampaikan rasa bangga terhadap prestasi film Indonesia yang dipandang mampu bersaing di film terbaik dunia.