JAKARTA - Nagabonar merupakan seorang pemuda yang terkenal pada zaman penjajahan, di mana era tahun 1945 ada pencopet lihat asal Lubuk Pakam Deli Serdang, Sumatera Utara yang berhasil melawan penjajah. Karena ulahnya mencopet pula, Nagabonar dibui oleh Tentara Jepang. Nasibnya mujur. Ia bersama Bujang dilepas saat Jepang kalah oleh sekutu.

Nama Nagabonar mulai difilmkan pada tahun 1987 yang diperankan oleh aktor kawakan Deddy Mizwar. Film komedi yang mengambil latar peristiwa kemerdekaan Indonesia ketika sedang melawan kedatangan pasukan Kerajaan Belanda pasca kemerdekaan Indonesia di daerah Sumatera Utara.

Nagabonar berhasil mengalahkan penjajah. Tak hanya mengusir Belanda dari tanah kelahirannya, Nagabonar mendapatkan seorang istri, Kirana, yang diperankan oleh Aktris Nurul Arifin. Keduanya bersama-sama bahu-membahu berperang. Namun, Nagabonar harus kehilangan sahabatnya, Si Bujang.

Film Nagabonar tidak bisa disangkal lagi menjadi salah satu film tersukses di Indonesia. Pada tahun 2007, film keduanya berhasil dibuat dekat versi lebih modern. Untuk itu pihaknya menangkap peluang bakal meraih yang hal yang sama jika menggarap film sejenis dengan judul Nagabonar Reborn.

Trimedya Panjaitan selaku produser berjanji film Nagabonar Reborn akan diproduksi berbeda dari film sebelumnya yang diproduksi tahun 1987. Menariknya dalam film yang melakukan proses syuting di Medan, Sumatera Utara ini melibatkan mantan Gubernur DKI Jakarta, Djarot Syaiful Hidayat.

Nagabonar Reborn diproduksi oleh Gempita Cipta Perkasa dan Night Bus Pictures yang sebelumnya mengantar Night Bus sebagai film terbaik di Festival Film Indonesia (FFI) 2017. Naga Bonar Reborn pun disutradarai Emil Heradi dan Rahabi Mandra sebagai penulis skenario yang sebelumnya menggarap Night Bus.

"Kami siap memproduksi film Nagabonar Reborn bulan Juli mendatang dan mudah mudahan akhir tahun ini sudah beredar di seluruh bioskop di Tanah air," ujar Trimedya Panjaitan, selaku produser Gempita Tjipta Perkasa (GTP), Senin 11 Juni 2018.

Darius Sinathrya dipercaya menjadi sutradara film Nagabonar Reborn mengaku tertantang untuk untuk menggarap film yang sudah populer dan ikonik. "Tantangannya, kami harus membuat film yang lebih bagus dari film sebelumnya. Makanya kami pilih kru dan artis yang sudah terjaga kualitasnya," ujar Darius Sinathrya.

Gading Marten yang dipercaya untuk memerankan Nagabonar mengaku tersanjung. Apalagi papahnya aktor senior Roy Marten langsung setuju ketika putranya menyampaikan kalau ia ditawari sebagai Nagabonar. "Papah langsung setuju, dan menyarankan agar saya tidak menonton film Nagabonar yang dimainkan Oom Deddy Mizwar, supaya saya nggak terpengaruh," tutur Gading.

Gading berjanji akan main maksimal, dan menjadi diri sendiri. Risiko main film yang pernah sukses oleh orang lain. "Main bagus pasti akan dibanding bandingin. Apalagi jelek, dan saya sudah menyiapkan mental itu," tukas Gading.

Sementara Citra Kirana mengaku belum tahu sosok Kirana yang pernah sukses dimainkan oleh artis senior Nurul Arifin. "Sama sekali belum tahu karakternya, karena aku memang belum pernah nonton filmnya, apalagi oleh penulisnya yang sekarang. Akan dirubah total dan dijadikan ke kinian dan nggak ada kaitannya sama film Nagabonar yang dulu," ujar Citra Kirana.