BREAKINGNEWS.CO.ID – Federasi sepak bola dunia, FIFA akan segera mengaplikasikan peraturan baru tentang sistem transfer pemain sepak bola, termasuk juga soal jangka waktu peminjaman serta limit bayaran agen pemain.

Pada Senin (24/9/2018) waktu setempat kemarin di London, Inggris, dilakukan pertemuan Komite Pemegang Saham Sepak Bola, sebuah badan bentukan FIFA yang diisi oleh beberapa perwakilan dari industri sepak bola. Pertemuan itu diselenggarakan untuk mengukuhkan sistem baru untuk meningkatkan transparansi dalam perihal transfer pemain.

FIFA Ingin Hindari Kasus Jefferson Montero Terulang

Walaupun proposal itu masih harus disetujui oleh Dewan FIFA, namun dalam gagasan itu tertera soal jumlah maksimal peminjaman dari satu klub, serta pelarangan transfer tangan ketiga dan peminjaman ke dua, seperti yang terjadi pada kasus pemain Swansea City, Jefferson Montero.

Klub Liga Inggris lainnya yang mungkin akan terjegal skema baru ini adalah Chelsea, yang saat ini meminjamkan 40 pemain. Tidak hanya itu pembatasan kompensasi bagi agen pemain bakal diseragamkan serta diwajikan terdapatnya prosedur registrasi.

Sepak Bola Yang Sehat

Sementara itu, Presiden FIFA Gianni Infantino, juga menyambut senang wacana regulasi baru ini, untuk membuat dunia sepak bola yang sehat. Ia pun ingin jika kedepannya bila transaksi pemain baru menjadi lebih baik lagi, sehingga ada aturan pasti dalam bursa transfer pemain di sepak bola.

“Kami sudah membawa semua pihak ke meja yang sama serta semua figur kunci dalam industri ini mengerti jika kita mesti melakukan sebuah tindakan, sehingga terbentuklah proposal itu,” ungkap pria asal Yunani tersebut kepada wartawan.

“Ini jadi langkah terpenting untuk mencapai transparansi yang semakin besar, penetapan aturan-aturan yang lebih efisien yang akan memberikan jutaan [euro] kepada klub-klub dari pembayaran solidaritas, serta meningkatkan konsensus mengenai langkah mengatasi masalah agen pemain, peminjaman dan aspek-aspek kunci lainnya dalam sistem transfer,” pungkas Presiden FIFA tersebut.

Proposal sistem transfer baru ini akan diserahkan kepada Dewan FIFA pada pertemuan selanjutnya pada 26 Oktober waktu setempat nanti.