Jakarta -Piala Dunia 2018 di Rusia belum mulai. Namun korban pemecatan pelatih timnas sudah terjadi. Federasi Sepak Bola Spanyol (FA) akhirnya memutuskan untuk memecat Julen Lopetegui sebagai pelatih timnas Spanyol, satu hari dari pembukaan Piala Dunia 2018. Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol, Luis Rubiales mengatakan pihaknya memutuskan untuk tidak memutuskan untuk tidak memakai Julen sebagai pelatih Spanyol. Hal ini karena dia memilih untuk melatih klub Real Madrid.

“Kami terpaksa untuk mencopot jabatan Julen Lopetegui dari jabatannya sebagai pelatih timnas Spanyol. Kami berharap dia mendapatkan keberuntunngan,” kata Rubiales sebagaimana dilansir pada situs resmi FIFA.com, Rabu (13/6/2018). “Selama ini kami mampu mencapai ke Piala Dunia merupakan suatu pencapaian dan berkat kerja keras hingga sekarang,” ujarnya.

Rubiales belum mau memberikan jawaban terkait siap yang terpilih menjadi pelatih baru untuk menggantikan Lopetegui. “Saya sudah bicara dengan para pemain dan dapat menjamin mereka bisa melakukan segalanya dengan pelatih baru,” tuturnya.  Kendati demikian, Rubiales menjelaskan pastinya perlu selektif untuk dapat memilih pelatih yang terbaik, agar mendapatkan hasil postif.

“Untuk menang sangat penting, untuk memiliki pelatih terbaik juga sangat penting, tapi semua harus didapat dengan cara yang benar pula,” ucapnya. Pada Kamis, (14/6/2018) Piala Dunia akan berputar. Sementara di laga perdana Spanyol akan bertemu melawan Portugal pada Sabtu (16/6/2018).

Fernando Hierro

Sementara Timnas Spanyol bergerak cepat mencari pelatih baru. Fernando Hierro, legenda Real Madrid dan mantan timnas Spanyol kini langsung ditunjuk untuk menangani La Furia Roja di Piala Dunia 2018. Hierro secara resmi ditunjuk oleh Asosiasi Sepakbola Spanyol  dalam kondisi yang sangat mendesak. Pria berusia 50 harus memimpin skuad yang dipilih oleh pelatih lama Julen Lopetegui.

Hierro, mantan pemain Real Madrid, akan langsung memimpin Spanyol menghadapi Portugal di laga perdana Piala Dunia 2018. Pertandingan tersebut akan dilangsungkan Sabtu (16/6/2018) dini hari WIB.

Laga ini tentu sangat berat karena Portugal yang berstatus sebagai juara Piala Eropa 2016 memiliki kemampuan untuk mengalahkan Spanyol. Ditambah sejumlah kendali yang dihadapi Spanyol saat ini, di prediksi La Furia Roja akan mengalami kesulitan pada laga perdananya.