BREAKINGNEWS.CO.ID - Terkait dengan usulan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk menghentikan sementara seluruh kegiatan kampanye di Pemilu 2019, Kadiv Advokasi dan Bantuan Hukum Demokrat Ferdinand Hutahaean menilai jika hal itu merupakan langkah yang bagus. Pasalnya, ditahun politik ini Indonesia juga dihadapi dengan bencana gempa bumi dan tsunami dan telah banyak memakan korban jiwa.

Untuk itu, Ferdinand juga menghimbau kepada seluruh elemen untuk mendukung langkah tersebut. Karena urusan kemanusiaan lebih penting dari pada urusan politik.

"Ya itu bagus dan semua harus mendukung karena kita harus mementingkan kemanusiaan daripada urusan politik. Korban terus bertambah, ketakutan cukup besar, hendaknya jauhkan dulu politik dari bencana ini agar semua bisa ditangani dengan cepat," katanya kepada breakingnews.co.id, saat dihubungi melalui pesan singkatnya, Senin (1/10/2018).

Selain itu, dirinya juga menilai jika saat ini rakyat tidak butuh dengan pencitraan politik. Adapun yang dibutuhkan rakyat saat ini adalah bantuan.

"Rakyat tidak butuh pencitraan politik, dalam kondisi seperti ini rakyat butuh bantuan dan korban yang belum ditemukan butuh penyelamatan dengan cepat. Kita kejar-kejaran dengan waktu karena bisa saja korban masih hidup," ujar Ferdinand. "Maka itu, sudah tepat SBY meminta semua menghentikan urusan politik, mari fokus pada nilai kemanusiaan," sambungnya.

Namun, usulan tersebut agaknya tidak bisa berjalan dengan mulus. Usulan tersebut pun tak lepas dari pro dan kontra di tengah-tengah masyarakat. Menanggapi hal itu, Ferdinand mengatakan jika ada yang menolak usulan tersebut, maka jiwa berperikemanusiaannya perlu dipertanyakan. "Jika ada yang menolak usulan itu, tentu kita pertanyakan peri kemanusiannya," ucapnya.

Terkait dengan adanya bencana yang menimpa tersebut, Ferdinand juga mengatakan jika saat ini pihaknya tengah melakukan penggalangan dana dari internal kader untuk membantu meringankan beban korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Seperti diberitakan sebelumnya, SBY memberikan saran kepada elite politik di tengah bencana gempa bumi di Sulawesi Tengah. SBY mengimbau agar kampanye Pilpres 2019 dihentikan sementara.

SBY memandang saatnya bangsa Indonesia menunjukkan solidaritas untuk saudara sebangsa yang mengalami musibah dan sekaligus membantu pemerintah mengatasi bencana itu. Bantuan diberikan baik pada fase tanggap darurat hingga rehabilitasi dan rekonstruksi. 

"Marilah kita utamakan dulu bersatu padu kita membantu pemerintah, membantu saudara-saudara kita dan sementara saya kira kegiatan kampanye pemilu kita hentikan dulu," tegas SBY.