JAKARTA - Ribuan penggemar berkumpul di Limerick, Irlandia untuk memberikan penghormatan terakhir kepada vokalis The Cranberries, Dolores O'Riordan usai dinyatakan meninggal tiba-tiba di kamar hotelnya di London pada 15 Januari silam dalam usia 46 tahun.

Kesempatan untuk memberi penghormatan terakhir ini diberikan untuk umum menjelang upacara pemakamannya pada Selasa, 23 Januari 2018. Mendiang Dolores O'Riordan diletakkan di peti mati yang berada di Gereja St. Joseph sejak Minggu (21/1/208) waktu setempat.

Ribuan penggemar dari seluruh dunia berkumpul di luar gereja dan di jalan, menahan angin dan hujan untuk memberikan penghormatan mereka, sementara rekan-rekan bandnya memasang hiasan bunga di samping peti jenazahnya.

Ratusan penggemar antri untuk memberikan penghormatan.

 

Banyak yang membawa bunga kuning yang menurut mereka mewakili sinar matahari. Menurut laporan Irish Times, politisi lokal, termasuk mantan menteri pertahanan dan pendidikan menghadiri penghormatan tersebut. Ibu O'Riordan, Eileen, dan enam saudara kandungnya membawa peti jenazahnya ke dalam gereja.

Terukir di peti jenazahnya dengan kata-kata, "Lagu telah berakhir, tapi kenangan terus berlanjut," merujuk salah satu hit terbesar mereka.

Dolores O'Riordan terlihat religius dengan mengenakan pakaian hitam sambil memegang dua manik-manik rosario. Peti jenazahnya dilapisi dengan gambar pertemuannya dengan Paus Yohanes Paulus II, juga foto penampilannya di atas panggung.

Sebelumnya, pihak berwajib telah selesai melakukan autopsi namun baru akan diumumkan ke publik pada 3 April 2018. Namun, dikutip dari BBC, pihak kepolisian mencatat bahwa mereka tidak memperlakukan kematian Dolores O'Riordan sebagai sesuatu yang mencurigakan.

"Kami datang untuk memberikan ucapan yang tulus kepada putri Limerick yang sangat dicintai dan disayangi. Saat kami melewati peti matinya, ayo doakan dia, keluarganya dan orang-orang yang dia cintai dan bantu dalam hidup," ungkap Uskup Limerick Brendan Leahy kepada banyak pelayat uang berkumpul di gereja, dikutip Rolling Stone.

"Saya sadar bahwa, sementara jutaan orang di seluruh dunia terkejut mendengar kabar menyedihkan tentang kematiannya, hari ini adalah tentang momen publik Limerick untuk mengucapkan selamat tinggal."

Setelah hari ini, peti jenazahnya akan dipindahkan ke Rumah Duka Cross 'di Ballyneety untuk diperlihatkan ke publik lain besok. Dia kemudian akan dimakamkan pada Selasa pukul 11.30 pagi di Gereja St Ailbes di Ballybricken, waktu setempat. Dolores O'Riordan akan dimakamkan di samping ayahnya, Terry, yang meninggal pada 2011.