BREAKINGNEWS.CO.ID – Langkah ganda putra andalan Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, di ajang Korea Master 2018 harus terhenti di babak pertama. Mereka tersingkir usai takluk dari pasangan independen, Kim Sa-rang/Tan Boon Heon (Korea Selatan/Malaysia), dengan skor 13-21, 21-18, 12-21 pada Rabu (28/11/2018).

Kegagalan Fajar/Rian tersebut sangat di luar perkiraan. Mereka berstatus unggulan pertama pada World Tour level super 500 tersebut. Tidak hanya itu, Fajar/Rian juga baru saja menjuarai Syed Modi International Badminton Champhionship 2018, Minggu (25/11) lalu . Alhasil, ganda peringkat tujuh dunia tersebut lebih diunggulkan pada pertandingan ini.

Sayangnya, Fajar/Rian tidak berhasil merealisasikan tekad untuk tampil lebih konsisten setelah menjuarai Syed Modi. Kali ini, mereka langsung angkat koper pada babak pertama setelah menjalani permainan alot tiga gim. Bagi Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Korea Masters 2018 menjadi turnamen internasional terakhir pada tahun 2018 ini. Mereka sudah dipastikan tidak lolos ke BWF World Tour Finals 2018. Indonesia meloloskan dua ganda putra pada turnamen bergengsi tersebut, yaitu Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon serta Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Ihsan Maulana Melenggang

Sementara itu, hasil positif diraih tunggal putra Indonesia, Ihsan Maulana Mustofa. Dia menang mudah dengan skor 21-9, 21-15 pada babak pertama kontra pemain tunggal putra asal Taiwan, Shiau Cheng. Tiket ke babak kedua juga diamankan ganda campuran Indonesia, Akbar Bintang Cahyono/Winny Oktavina Kandow. Mereka menundukkan ganda campuran Korea Selatan, Park Byeong-hun/Kim So-yeong, dua gim langsung dengan score 21-17, 21-13.

Ganda campuran yang lain, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, juga melenggang setelah mengalahkan ganda campuran asal Taiwan, Li-Wei/Chang Ching Hui dengan skor 21-15, 21-11. Akan tetapi, hasil berbeda dibukukan ganda campuran Alfian Eko Prasetya/Marsheilla Gischa Islami dan tunggal putra Panji Ahmad Maulana. Mereka terpaksa juga langsung angkat koper dari Korea Masters 2018.