JAKARTA- Wakil Ketua DPR RI Bidang Politik dan Hukum, Fadli Zon mengatakan, Marsekal Hadi Tjahjanto merupakan prajurit TNI yang sudah teruji. Hal tersebut diutarakan Fadli menanggapi persetujuan Komisi I terhadap Marsekal Hadi untuk menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo sebagai Panglima TNI yang akan purna bakti Maret 2018.

"Sudah disaksikan Pak Hadi Tjahjanto menyampaikan visi misi dan pemikiran mengoptimalkan TNI dalam kapasitasnya sebagai calon Panglima TNI. Kawan-kawan di Komisi I sudah menyetujui usulan tersebut. Panglima TNI adalah orang teruji karena persyaratannya sudah banyak," ujar Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (7/12/2017).

Apalagi kata Fadli, Marsekal Hadi sudah pernah menjadi Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU). "Pernah menjadi kepala staf atau sedang menjabat. Proses yang dialami ketiga kepala staf sudah panjang, salah satu dari ketiga itu sudah baik," jelasnya.

Untuk itu Fadli pun berharap kepada Marsekal Hadi supaya memperkuat pertahanan dalam menghadapi berbagai macam konflik teritorial. "Bagaimanan memperkuat pertahanan menghadapi berbagai macam konflik yang ada secara teritorial. Kita lihat di laut China Selatan. Kemudian sparatisme dan berbagai isu-isu lain yang mungkin di luar satu ancaman konvensional, dan sekarang ini semakin banyak di era globalisasi asimetris war fare dan lain-lain," pungkasnya.