BREAKINGNEWS.CO.ID - Sudah bukan rahasia lagi jika Facebook memiliki efek samping berupa rasa candu pada penggunanya. Pengguna yang sudah begitu kecanduan dengan sosial media buatan Mark Zuckerberg ini pun bisa saja menghabiskan begitu banyak waktu untuk memainkannya. Untuk mengatasi problem satu ini, Facebook menyiapkan sebuah fitur baru yang disebut “Your Time on Facebook”.

Seperti dilansir dari Ubergizmo, Senin (25/6/2018), fitur ini nantinya akan memiliki kemampuan untuk memberi pengingat pada pengguna mengenai waktu rata-rata yang mereka habiskan di Facebook selama kurun waktu seminggu terakhir.

Selanjutnya fitur ini akan menawarkan opsi menajemen waktu yang memungkinkan pengguna mengatur pengingat dari batas waktu harian mereka bermain Facebook. Selain itu pengguna juga dapat memfilter notifikasi apa saja yang ingin mereka terima dari Facebook.

Fitur ini sebelumnya ditemukan oleh seorang engineer bernama Jane Manchung Wong. Ia membagikan sejumlah screenshot yang memperlihatkan penggunaan dari fitur “Your Time on Facebook.”

Facebook sendiri telah mengkonfirmasi kehadiran fitur ini. Sayangnya, mereka belum memastikan kapan tepatnya fitur ini akan dapat dinikmati oleh pengguna. Diharapkan dengan hadirnya fitur baru ini bisa membantu mengurangi ketergantungan netizen ke media sosial tersebut.

Sementara itu Instagram telah terlebih dahulu meluncurkan fitur Peringatkan Pengguna.

Instagram hadirkan fitur ‘anti kecanduan’ bagi penggunanya. Fitur tersebut diberi nama “Usage Insights” yang akan memberikan durasi berapa lama pengguna memakai Instagram. Jika kelewat batas waktu, pengguna akan diberikan notifikasi.

Menariknya, kalau pengguna bisa mengatur waktu normal membuka Instagram. Misal, pengguna bisa mengatur durasi hanya satu jam. Jika sudah lewat dari satu jam, Instagram langsung akan mengingatkan pengguna.

Untuk diketahui, fitur ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab Instagram mengenai dampak internet terhadap kehidupan.

CEO Instagram Kevin Systrom, merasa Instagram perlu membuat pengguna untuk jeda dari kegiatan online untuk sementara waktu. Oleh sebab itu, kehadiran fitur baru ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusinya.

Fitur ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab Instagram mengenai dampak internet terhadap kehidupan

Systrom memang tidak secara eksplisit menyebutkan nama fitur baru tersebut. Keberadaan fitur ini ditemukan oleh Jane Manchun Wong, di dalam kode sumber aplikasi Instagram.

Temuan Wong pertama kali dilaporkan oleh Tech Crunch, yang kemudian dikonfirmasi oleh Systrom. Fitur baru itu bernama "Usage Insights", yang akan memperlihatkan kepada pengguna "time spent", yakni waktu yang dihabiskan pengguna di Instagram.

"Kami membuat tools yang akan membantu komunitas Instagram agar lebih mengetahui tentang waktu yang mereka habiskan di Instagram. Kami memahami bagaimana dampak online memengaruhi orang-orang adalah hal yang penting dan ini merupakan tanggung jawab semua perusahaan. Kami ingin menjadi bagian dari solusi dan saya mengambil tanggung jawab itu dengan serius," jelas Systrom melalui akun Twitter miliknya.