BREAKINGNEWS.CO.ID – Facebook ternyata secara diam-diam telah merilis sebuah aplikasi bernama Lasso. Aplikasi ini memungkinkan para penggunanya agar bisa membuat video singkat dan mirip dengan aplikasi bernama TikTok.

Lasso adalah percobaan terbaru dari Facebook untuk menggaet para remaja dan milenia. Hal ini bukan karena apa-apa, Facebook sendiri tercatat kesulitan menambah user remaja. Kali terakhir Facebook melakukannya adalah pada 2014 lalu, dengan persentase sebesar 71%.

Dengan aplikasi Lasso para pengguna nantinya bisa merekam dirinya sendiri berjoget atau bernyanyi lip sync. Hal ini sama persis dengan yang dilakukan oleh Tik Tok pada aplikasinya. Selain itu Lasso pun membolehkan penggunanya untuk merekam video singkat yang sama seperti Vine.

"Lasso adalah sebuah aplikasi yang berdiri sendiri untuk video menghibur berdurasi pendek -- dari komedi, kencantikan, fitness, dan lainnya," tulis Facebook dalam keterangannya resminya.

"Kami sangat bersemangat mengenai potensi yang dimilikinya, dan akan mengumpulkan umpan balik dari orang-orang dan pembuat konten," lanjut Facebook dalam pernyataannya itu.

Sebagai informasi, untuk menggunakan Lasso pengguna bisa mendaftar melalui Instagram, atau membuat akun menggunakan Facebook. Aplikasi ini akan mengakses laman profil, foto, dan video dari akun Facebook.

Tak hanya itu saja, para pengguna Lasso juga bisa melihat banyak video singkat yang sudah tersedia di aplikasi tersebut. Videonya nantinya bakal terputar secara otomatis. Video dari Lasso juga bisa dibagikan melalui Facebook stories. Fitur untuk Instagram stories pun nanti juga akan tersedia.

TikTok Semakin Populer dan Mampu Lampaui Facebook, Instagram dan Youtube

Aplikasi berbagi video TikTok kini semakin populer, bahkan hingga ke pasar Amerika Serikat. Hal ini pun membuat TikTok menjadi aplikasi mobile yang paling banyak di download netizen di negeri Paman Sam.

Aplikasi yang berasal dari China ini bahkan mampu mengalahkan Facebook, Instagram, YouTube, dan Snapchat dari segi jumlah unduhan dalam sebulan terakhir ini. Bisa dibilang, TikTok kini bisa disejajarkan oleh aplikasi-aplikasi top di dunia saat ini.

Menurut data dari firma analis SensorTower, TikTok meraup pangsa pasar sebesar 42,4 persen dalam hal peng-installan bulanan pada 30 Oktober kemarin. Pangsa pasar itu digabungkan dari Apple App Store serta Google Play Store.