Baku - Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel lolos dari sangsi pengurangan angka selesai menyenggol mobil Lewis Hamilton pada balapan Formula 1 (F1) GP Azerbaijan. FIA terasa Vettel telah bertanggungjawab penuh atas insiden itu.

Vettel dijatuhi penalti stop and go sepanjang 10 detik karna bertindak beresiko dengan menyenggol Hamilton mendekati restart di Baku, 25 Juni kemarin. Pembalap berumur 30 th. itu menabrak sisi belakang mobil Hamilton.

Diluar itu, Vettel juga di beri 3 point hukuman. Hal semacam ini begitu membahayakan karna Vettel telah menyatukan sembilan point hukuman sepanjang 12 bln. paling akhir. Dia dapat memperoleh larangan membalap satu seri apabila telah mengantongi 12 point hukuman.

" Itu telah cukup terang, saya tidak menabrak sisi belakang (mobil Hamilton) dengan berniat, " kata pembalap Jerman yang telah empat kali memenangkan Formula 1 itu, diambil dari Motor Sport.

Hamilton juga memohon Vettel untuk dihukum larangan bermain satu race. Tetapi, FIA terasa sangsi itu tidak dibutuhkan karna Vettel telah mohon maaf.

" Dengan kondisi paling baru ini, presiden FIA, Jean Todt, mengambil keputusan untuk akhiri persoalan. Walau sekian, pelanggaran itu tetaplah dipandang serius serta dapat membawa konsekwensi negatif, " bunyi pernyataan resmi FIA.

" Oleh karenanya, presiden Jean Todt sudah menerangkan dengan tegas jika pelanggaran itu kembali diulang oleh Vettel, jadi persoalan bisa segera dibawa ke International Tribunal (pengadilan) FIA untuk investigasi selanjutnya. "