BREAKINGNEWS.CO.ID – Klub Premier League, Everton mampu bergerak gesit di penghujung jendela transfer musim panas ini. Klub Merseyside itu berhasil mendatangkan dia pemain Barcelona sekaligus yakni Yerry Mina dan Andres Gomes.

Tak hanya sampai situ saja, Everton melengkapi kebutuhan pemain dengan memasukkan gelandang asal Brasil Bernard dari Shakhtar Donetsk. Sementara itu, Tottenham Hotspur yang mampu finis di peringkat ketiga klasemen akhir pada musim lalu mengakhiri bursa transfer sebagai satu-satunya klub yang tidak mendatangkan pemain baru.

Dan runner-up musim lalu yakni Manchester United, ternyata tidak mampu mendatangkan bek tengah yang menurut sejumlah laporan merupakan posisi yang ingin mereka perkuat. Jose Mourinho sendiri agak pesimistis setelah kegagalan pembelian pemain oleh manajemen United.

Everton sendiri berhasil mendatangkan pengatur serangan ‘Bernard’ yang tiba dengan status "free transfer" setelah kontraknya dengan klub Ukraina itu habis. Sedangkan Barcelona mengatakan, Everton telah setuju untuk merekrut bek tengah Mina dengan biaya awal 30,3 juta euro (Rp503 miliar) dan meminjam gelandang Gomes.

Biaya transfer untuk Mina, yang baru bergabung dengan juara LaLiga Spanyol pada Januari, dapat naik 1,5 juta euro (Rp30 miliar) lagi dan Barcelona telah memasukkan klausul pembelian kembali ke dalam kontrak sang pemain.

Klub Merseyside itu, sebelumnya juga telah menunjuk pria Portugal, Marco Silva sebagai manajer baru pada musim panas ini. Selain itu, Everton juga masih dapat menambah rekrutan keempat saat tenggat bursa transfer. Menurut laporan yang diberikan oleh The Liverpool Echo, jika mereka telah mendaftarkan lembar kesepakatan dengan harapan dapat menyelesaikan pemberkasan untuk meminjam pemain Chelsea Kurt Zouma.

Sejauh ini, Everton sendiri telah menghabiskan 40 juta poundsterling atau setara dengan Rp741,6 miliar untuk mendapatkan penyerang Brazil, Richarlison dari klub Premier League lainnya, Watford.

Sementara itu, klub Premier League lainnya Tottenham ingin mendatangkan gelandang Aston Villa berusia  22 tahun, Jack Grealish. Namun menurut laporan beberapa media di Inggris bahwa tawaran sebesar 25 juta poundsterling (Rp464,4 miliar) untuk sang pemain telah ditolak klub Championship itu.