REAKINGNEWS.CO.ID - Serangkaian acara sepeda nusantara dengan tema "Etape Harmoni Kediri" yang menjadi bagian dari kampanye bersepeda sehat sekaligus ajang promosi Asian Games dan Asian Para Games 2018, resmi dibuka, Minggu (12/8/2018) di taman Titayasa, Kediri

Acara tersebut dibuka oleh staff khusus Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Anggia Erma Rini. Dalam sambutannya dia mengatakan sepeda nusantara Etape Harmoni ini merupakan salah satu cara kita untuk mensyukuri hari ulang tahun Kediri yang ke-1139.

Anggia juga menyampaikan salam yang diberikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi kepada seluruh warga Kediri. " Menpora Imam Nahrawi menyampaikan salam terhangat untuk seluruh masyarakat Kediri untuk bisa menyelenggarakan acara sepeda nusantara 2018," ucap Angia.

Staff khusus Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Anggia Irma Rini (ketiga kanan) saat pelepasan para peserta Sepeda Nusantara di taman Tirtayasa, Kediri, Minggu (12/8/2018). (Foto: Agung/breakingnews.co.id).

Dia menambahkan, sepeda nusantara ini merupakan salah satu program prioritas Kemenpora yang pada tahun 2017 lalu dinamakan 'Gowes Nusantara' dan pada tahun 2018 dinamakan 'Sepeda Nusantara'. Idenya adalah bagaimana kita mengembangkan potensi-potensi daerah, budaya-budaya daerah dan ini merupakan karakter dari bangsa Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Anggia menyampaikan harapannya, dengan melalui kegiatan ini bisa menumbuhkan pembudayaan olahraga bagi masyarakat, pembudayaan olahraga bagi pesepeda dan meminta kepada ribuan peserta yang hadir untuk mendoakan Asian Games pada 18 Agustus 2018 mendatang acara pelaksanaannya berjalan lancar, dapat banyak mendali emas dan Indonesia sebagai tuan rumah dapat berkesan bagi seluruh peserta dari luar negeri.

Dari pantauan Breakingnews.co.id seluruh peserta Etape Harmoni Nusantara yang mengikuti acara sepeda nusantara ada sekitar 13 ribu masyarakat kediri, Surabaya, Nganjuk, Blitar, Tulung Agung, Trenggalek, hingga Bantul, Jawa Tengah, yang bersiap untuk berkelana di Kota Kediri. Acara ini juga menyediakan berbagai hiburan serta doorprize berupa sepeda sebanyak 15 unit.


Rute yang dilintasi mengambarkan misi kampanye toleransi yang di antaranya akan melintasi Masjid Agung Kota Kediri, Kompleks Pecinan di Jalan Yos Sudarso, Gereja Merah, "landmark" kota, seperti jembatan lama brantas, Taman Sekartaji, kawasan lebak tumpang -Gunung Klothok, hingga Goa Selomangleng Kediri.