BREAKINGNEWS.CO.ID – Setelah hanya menjadi cabang eksibisi pada ajang Asian Games 2018 Jakarta-Palembang lalu, akhirnya eSport akan resmi menjadi salah satu cabang olahraga di SEA (South East Asian) Games, yang akan berlangsung di Filipina.

Menurut laporan yang diberikan oleh ESPN, kabar ini sudah diumumkan oleh Sekretaris Menteri Luar Negeri dan Philippines South East Asian Games Organizing Commitee (PhilGOC) Chairman Emeritus Alan Peter Cateyano.

"Kami sangat senang bahwa esport kini menjadi bagian dari SEA Games. Kini gamer menjadi komunitas yang penting bagi kami," jelas Cateyano. Selain itu ia juga menyebutkan jika vendor gaming Razer sebagai mitra dalam menghadirkan esport di SEA Games.

"Pada kesempatan kali ini akan menjadi momen bagi atlet esport Asia Tenggara ke kancah global ke depannya," papar Chief Startegy Officer Razer Limeng Lee. Tentunya organisasi Asian Electronic Sports Federation juga akan ikut andil dalam pelaksaan pertandingan eSport di dalamnya.

Dan rencananya, akan ada enam medali emas yang untuk masing-masing platform eSport yang dipertandingkan, dua medali untuk esport berbasis konsol, dua untuk PC, dan dua untuk game mobile. Setiap platform akan diikuti dengan babak kualifikasi yang dibedakan menjadi beberapa game.

SEA Games yang akan digelar pada 30 November sampai 10 Desember 2019 nanti di Filipina bakal menjadi SEA Games ke-30 yang dilaksanakan. Kehadiran esport di ajang olahraga Asia Tenggara ini diprediksi cukup panas mengingat kawasan Asia Tenggara sendiri merupakan pasar game dan esport yang besar di Asia.

Sejauh ini, game mobile yakni Mobile Legends: Bang Bang dipastikan akan menjadi salah satu game yang dipertandingkan, dan sisanya akan diumumkan pada tanggal 15 Desember nanti.

Sebelumnya di Asian Games 2018 lalu, beberapa game yang dipertandingkan. Tercatat ada enam game yang dipertandingkan dalam cabang eksibisi itu. Keenam game tersebut adalah Arena of Valor, Pro Evolution Soccer, League of Legends, Clash Royale, Hearthstone serta Starcraft 2.